Awasi Pupuk Bersubsidi, Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri Koordinasi dengan KP3 Lampung Selatan

  • Bagikan

LAMPUNG SELATAN, RAKYATSULSEL -Tim Satgasus Pencegahan Korupsi Mabes Polri yang dipimpin oleh Hotman Tambunan bersama sama dengan Yulia Anastasia Fuada dan Yudi Purnomo Harahap didampingi Polres Lampung Selatan melaksanakan kegiatan koordinasi dengan Komite Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Lampung Selatan terkait dengan pengawasan terhadap pupuk bersubsidi yang dilakukan selama ini.

Diketahui pertemuan ini dilakukan di pendopo rumah Dinas Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto dan dihadiri Sekda selaku ketua KP3 serta jajarannya seperti Asisten Ekonomi, Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan. Tim Satgassus didampingi Kasatreskrim Polres Lampung Selatan.

Ketua Tim Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri, Hotman Tambunan menyampaikan bahwa
perlunya KP3 mengawasi peredaran pupuk bersubsidi di Lampung Selatan agar tidak diselewengkan mulai dari distributor hingga ke kios kios hingga sampai ketangan petani.

"KP3 juga harus mengecek ketersediaan pupuk bersubsidi yang ada di Lampung Selatan agar petani yang mendapatkan alokasi bisa mudah mendapatkan ketika membutuhkan," ucap Hotman Tambunan.

Selain itu, Hotman juga menyampaikan bahwa KP3 yang belum pernah menguji kualitas pupuk sangat perlu untuk menguji kualitas pupuk subsidi yang beredar di Lampung Selatan karena merupakan tugas dan kewenangannya.

Yudi Purnomo Harahap mantan penyidik dan Ketua Wadah Pegawai KPK menyampaikan bahwa setelah kegiatan koordinasi, Tim
KP3 Lampung Selatan dengan didampingi Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri kemudian mendatangi salah satu kios pupuk subsidi di Lampung Selatan untuk mengecek ketersediaan pupuk subsidi sekaligus KP3 melaksanakan tugas dan wewenangnya untuk mengambil sampel terkait kualitas mutu pupuk subsidi yang beredar di Lampung Selatan untuk nantinya akan diuji di Laboratorium Balit Tanah Kementan RI.

"Tim juga menemukan bahwa tempat penyimpanan pupuk bersubsidi belum sesuai standart sehingga meminta kepada perwakilan PT Pupuk Indonesia yang hadir segera memperbaikinya sekaligus mengecek kios yang lain agar tempat penyimpanan sesuai standart," ungkap Yudi Purnomo Harahap

Yudi menambahkan, kegiatan ini merupakan penugasan langsung dari Kapolri karena beliau ingin agar pupuk subdisi tepat sasaran untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Kegiatan ini secara bersamaan juga dilakukan secara paralel di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Satgassus Mabes Polri berharap bahwa KP3 di kabupaten/Kota/provinsi di tempat lain juga melakukan hal yang sama yaitu mengecek ketersediaan pupuk, peredaran pupuk hingga uji kualitas pupuk subsidi sehingga pupuk subsidi sesuai yang dibutuhkan petani dan tepat sasaran, tegas Yudi.

  • Bagikan