Hadapi Tantangan Keamanan Baru, Jepang Bakal Tingkatkan Anggaran Pertahanannya

  • Bagikan
Jepang ingin memperluas anggaran pertahanannya untuk memenuhi tantangan keamanan yang berkembang.

TOKYO, RAKYATSULSEL - Perdana Menteri Fumio Kishida telah mengatakan kepada para menteri kabinetnya untuk meningkatkan anggaran pertahanan Jepang menjadi sekitar 2 persen dari produk domestik bruto mulai April 2027.

Kishida memberikan instruksi kepada Menteri Pertahanan Yasukazu Hamada dan Menteri Keuangan Shunichi Suzuki, Senin (28/11), sebagai bagian dari langkah Jepang memperluas anggaran pertahanannya untuk menghadapi tantangan keamanan baru. Anggaran tersebut akan mencakup pendanaan untuk penelitian ilmiah, teknologi dunia maya, infrastruktur, dan peningkatan Penjaga Pantai Jepang.

Anggaran awal untuk tahun fiskal 2022 menyumbang 1% dari PDB sebesar 5,4 triliun yen ($39,3 miliar).

Pada akhir Desember, pemerintah akan memutuskan besarnya anggaran dan mengamankan sumber daya keuangan untuk peralatan utama sistem pertahanan selama lima tahun ke depan, membuka jalan bagi perubahan kebijakan keamanan Jepang pascaperang.

Ini adalah pertama kalinya Kishida merujuk pada tingkat pembelanjaan pertahanan tertentu.

Pedoman umum untuk pembelanjaan pertahanan Jepang telah ditetapkan sebesar 1% atau kurang sejak tahun 1976 di bawah kabinet Perdana Menteri Takeo Miki. Tetapi Partai Demokrat Liberal yang berkuasa telah mendorong untuk meningkatkan ini menjadi 2%, terutama setelah invasi ke Ukraina yang menyebabkan beberapa anggota NATO menetapkan pengeluaran pertahanan mereka pada tingkat tersebut.

Pemerintah akan beralih dari struktur yang dikelola secara vertikal yang hanya berfokus pada kegiatan di dalam Kementerian Pertahanan, dan menuju sistem di mana semua departemen akan berperan dalam keamanan nasional. Berdasarkan PDB saat ini, anggaran pertahanan baru akan berjumlah sekitar 11 triliun yen.

Pilar utama dari anggaran pertahanan baru akan memperoleh kemampuan serangan balik, yang akan digunakan untuk menyerang situs peluncuran rudal lawan dan target lainnya.

Pemerintah akan meningkatkan jangkauan misilnya dan memperkenalkan misil Tomahawk, misil jelajah buatan AS. Itu juga akan memperkuat kemampuan tempurnya dengan membeli lebih banyak amunisi, yang saat ini persediaannya terbatas.

Namun, ada kehati-hatian yang mengakar di dalam Demokrat Liberal tentang menaikkan pajak untuk membayar pengeluaran pertahanan. Pertanyaan apakah pemerintah akan dapat mengamankan sumber keuangan yang stabil untuk memungkinkan peningkatan jangka panjang dalam pembelanjaan pertahanan tetap terbuka.

Kishida telah menginstruksikan para menterinya untuk mengamankan pendapatan anggaran pada akhir Desember dan telah mengindikasikan bahwa dia akan mengizinkan penerbitan sementara obligasi penutup defisit hingga tahun fiskal 2027 untuk mengamankan sumber daya keuangan. Dia juga meminta mereka memikirkan cara untuk meningkatkan sumber daya keuangan, termasuk melalui reformasi pengeluaran. (NIKKEI Asia/*)

Referensi:

https://asia.nikkei.com/Politics/Japan-set-to-increase-defense-budget-to-2-of-GDP-in-2027

  • Bagikan