Larangan Twitter Kepada Beberapa Jurnalis Yang Meliput Elon Musk

  • Bagikan
Musk dengan logo Twitter

NEW YORK, RAKYATSULSEL.FAJAR.CO.ID- Akun Twitter milik beberapa jurnalis terkemuka yang meliput pemilik perusahaan, Elon Musk tiba-tiba ditangguhkan.

Wartawan The New York Times, CNN dan Washington Post termasuk di antara mereka yang menemukan akun mereka terkunci pada hari Kamis malam.

Seorang juru bicara Twitter mengatakan kepada situs web teknologi The Verge bahwa larangan itu terkait dengan pembagian data lokasi secara langsung.

Hal tersebut terjadi setelah Musk bersumpah untuk menuntut pemilik profil yang melacak jetnya.

Daftar jurnalis yang dilarang juga termasuk Micha Lee dari The Intercept, Matt Binder dari Mashable, dan jurnalis independen Aaron Rupar, dan Tony Webster.

Seorang juru bicara dari New York Times menyebut penangguhan itu "dipertanyakan dan disayangkan", dan mengatakan baik surat kabar maupun wartawan Ryan Mac tidak menerima penjelasan apa pun atas tindakan tersebut.

CCN mengatakan "penanguhan sejumlah wartawan yang impulsif dan tidak dapat dibenarkan…memprihatinkan tetapi tidak mengejutkan". Itu mempertanyakan sebuah penjelasan twiter dan akan "mengevaluasi kembali hubungan kami berdasarkan tanggapan itu".

Donie O'Sullivan dari CNN, salah satu akun yang ditangguhkan mengatakan langkah itu signifikan untuk "dampak yang mengerikan" yang bisa ditimbulkannya bagi jurnalis, terutama mereka yang meliput perusahaan Musk lainnya.

Munk tidak memberikan tanggapan langsung tentang penangguhan tersebut, tetapi mengatakan dalam sebuah tweet bahwa "mengkritik saya sepanjang hari tidak apa-apa, tetapi merusak lokasi waktu nyata saya dan membahayakan keluarga saya bukan".

Dia menambahkan bahwa akun itu terlibat dalam doxxing, yang mengacu pada pelepasan informasi pribadi tentang individu secara online, menerima penangguhan sementara selama tujuh hari.

  • Elon Musk menjual $3,6 miliar (IDR54,6 triliun) saham Tesla
  • File Twitter memicu perdebatan tentang 'daftar hitam'
  • Elon Musk bukan lagi orang terkaya di dunia

Kepala kepercayaan dan keamanan Twitter, Ella Irwin, mengatakan kepada The Verge bahwa larangan terkait dengan aturan baru yang diperkenalkan pada hari Rabu yang melarang "informasi lokasi terkini, termasuk informasi yang dibagikan di Twitter secara langsung atau tautan ke URL pihak ketiga dari rute perjalanan."

"Tanpa memberikan tanggapan apapun kepada akun akun tersebut, saya bisa mengkonfirmasi bahwa kami akan menangguhkan akun akun yang melanggar kebijakan privasi kami dan menempatkan pengguna lain dalam risiko," kata Nyonya Irwin kepada outlet tersebut.

"Kami tidak membuat pengecualian pada kebijakan ini untuk para jurnalis ataupun akun lainnya."

Pada hari Rabu, twitter menangguhkan akun @ElonJet, serta akun lainnya yang menggunakan informasi yang tersedia secara publik untuk melacak pesawat pribadinya.

Pemilik dari akun @ElonJet, Jack Sweeney, 20, juga diblokir akun pribadinya. Sejak saat itu Musk berjanji untuk mengambil tindakan hukum terhadapnya, serta "organisasi yang mendukung kerugian bagi keluarga saya".

Musk mengatakan "penguntit gila" telah menggunakan berbagi lokasi terkini untuk menemukan dan menyapa kendaraan yang membawa anak-anaknya di Los Angeles.

Twitter juga menangguhkan akun resmi dari Mastodon, yang mana telah muncul sebagai alternatif Twitter sejak Musk membelinya seharga $44 miliar (IDR600,8 triliun) pada bulan Oktober.

Hal itu muncul setelah Mastodon menggunakan Twitter untuk mempromosikan akun baru dari Sweeney pada hari kamis, dilansir dari The New York Times. (BBC/*)

Referensi:

https://www.bbc.com/news/world-us-canada-63996061

  • Bagikan