AS Mewajibkan Tes COVID Kepada Wisatawan Dari Tiongkok

  • Bagikan
FILE - Pelancong bertopeng terlihat di ruang tunggu di Bandara Guangzhou Baiyun di provinsi Guangdong selatan China, 25 Desember 2022.

WASHINGTON, RAKYATSULSEL.ID — Pejabat kesehatan federal telah mengumumkan bahwa, karena lonjakan kasus virus corona di China, hampir semua penumpang maskapai dari negara tersebut harus memberikan bukti tes negatif COVID-19 untuk memasuki Amerika Serikat mulai 5 Januari. Satu-satunya pengecualian adalah mereka yang lebih muda dari usia 2.

Langkah AS mengikuti tindakan serupa yang diambil oleh India, Italia, Jepang, dan Taiwan.

Pembatasan yang diberlakukan oleh Amerika Serikat akan berlaku untuk orang yang bepergian dari China, Hong Kong, dan Makau, termasuk yang melanjutkan ke tujuan lain.

“Amerika Serikat mengambil langkah proaktif untuk melindungi kesehatan masyarakat Amerika dan mewaspadai potensi varian COVID-19 yang muncul,” kata seorang pejabat kesehatan federal yang mengutip kurangnya data yang memadai dan transparan yang disediakan oleh China.

“Ada visibilitas terbatas tentang data pengurutan genom, tentang varian yang beredar di China pada basis data global. Selain itu, pengujian dan pelaporan kasus baru juga berkurang. Berdasarkan kurangnya data yang tersedia, ini lebih sulit bagi kami pejabat kesehatan masyarakat untuk mengidentifikasi varian baru yang menyebar ke Amerika Serikat,” kata pejabat itu kepada wartawan melalui telepon konferensi, Rabu. Aturan dasar untuk pengarahan mengharuskan nama pejabat tidak digunakan.

Tindakan AS sepenuhnya dibenarkan, menurut Lawrence Gostin, direktur Pusat Kolaborasi Organisasi Kesehatan Dunia untuk Hukum Kesehatan Nasional dan Global. “Tiongkok telah mengalami penyebaran COVID yang eksplosif, yang sepenuhnya membenarkan tanggapan AS. China hampir tidak dapat mengeluh karena pemerintah telah melakukan pembatasan perjalanan yang jauh lebih keras ke China selama hampir tiga tahun, termasuk karantina yang mengganggu.”

Gostin mengatakan kepada tim VOA bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS “seharusnya melangkah lebih jauh dengan mensyaratkan tes negatif dalam waktu 24 jam setelah keberangkatan dari China dan persyaratan pengujiannya harus diterapkan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.”

Gostin menambahkan CDC juga harus segera memberlakukan persyaratan pengujian, daripada menunggu hingga 5 Januari.

“Kami tahu dari pengalaman sebelumnya bahwa menetapkan tanggal jauh-jauh hari dapat membuat banjir pengunjung yang tidak diperiksa,” katanya. “Sekarang AS telah memasuki fase pandemi non-darurat baru, adalah kebijaksanaan untuk mengambil tindakan pencegahan.”

Tindakan AS masuk akal tetapi bagaimana “ cara menerapkan tindakan tersebut secara konsisten, terutama untuk pelancong yang pindah dari negara ketiga, akan menjadi tantangan karena banyak negara belum mengikutinya,” kata Xi Chen, seorang profesor kesehatan masyarakat di Yale University School. Kesehatan Masyarakat. “Poin lainnya adalah kami tidak ingin ini memicu rasisme dan xenofobia anti-Asia.”

Yang lain memandang langkah Washington lebih bersifat politis daripada preventif.

“Saya tidak percaya tindakan ini akan memiliki efek apa pun kecuali efek marjinal karena COVID tidak terlalu lazim di AS. Seseorang tidak perlu bepergian ke China untuk tertular COVID. Akan lebih baik untuk merekomendasikan orang melakukan tes pasca perjalanan ke China daripada memintanya,” kata Amesh Adalja, peneliti senior di Johns Hopkins Center for Health Security, kepada VOA.

Amerika Serikat telah menawarkan vaksin kepada China, serta dukungan lain untuk menangani COVID-19.

“Beijing telah menunjukkan secara terbuka bahwa mereka menghargai tawaran itu, tetapi mereka tidak membutuhkan dukungan saat ini. Jadi, kami akan terus mempertahankan tawaran kami, ”kata pejabat kesehatan federal kedua kepada wartawan melalui panggilan telepon hari Rabu.

Jorge Agobian dan Yang Lin berkontribusi pada laporannya.(VOA/*)

Referensi:

https://www.voanews.com/a/us-weighs-new-covid-rules-for-travelers-from-china-officials-say-/6894417.html

  • Bagikan