Perang Ukraina: Komandan Grup Wagner Rusia Meminta Suaka Norwegia

  • Bagikan
Kantor Wagner Group di St Petersburg

NORWEGIA, RAKYATSULSEL.FAJAR.CO.ID- Seorang mantan komandan paramiliter Rusia Wagner Group telah mengklaim suaka di Norwegia setelah membelot dari pasukan bayaran.

Andrey Medvedev, 26 tahun, menyeberangi perbatasan ke Norwegia pada hari Jumat lalu, di mana ia ditahan oleh penjaga perbatasan.

Dia saat ini ditahan di daerah Oslo di mana dia menghadapi tuduhan masuk secara ilegal ke Norwegia, kata pengacaranya Brynjulf Risnes kepada BBC.

Risnes mengatakan kliennya meninggalkan Wagner setelah menyaksikan kejahatan perang di Ukraina.

Penjaga Perbatasan Norwegia mengkonfirmasi kepada BBC bahwa seorang pria Rusia telah ditahan setelah melintasi perbatasan sepanjang 198 km (123 mil) negara itu dengan Rusia, tetapi mengatakan tidak dapat berkomentar lebih lanjut karena "alasan keamanan dan privasi".

Tarjei Sirma-Tellefsen, kepala staf polisi di wilayah Finnmark, Norwegia, mengatakan seorang pria telah ditahan oleh patroli perbatasan dan mengatakan bahwa dia telah mengajukan permohonan suaka.

Namun kelompok hak asasi manusia Rusia Gulagu, yang membantu Medvedev meninggalkan Rusia, membenarkan identitasnya. Pelariannya diyakini sebagai contoh pertama yang diketahui dari salah satu tentara kelompok itu yang membelot ke Barat.

Pendiri Gulagu, Vladimir Osechkin, mengatakan kepada BBC bahwa Medvedev telah bergabung dengan kelompok paramiliter itu pada Juli 2022 dengan kontrak empat bulan, tetapi telah membelot setelah menyaksikan sejumlah pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan perang saat bertugas di Ukraina.

Dia mengatakan bahwa Medvedev adalah mantan tentara di tentara Rusia dan kemudian menjalani hukuman penjara antara tahun 2017 dan 2018 sebelum bergabung dengan Wagner Group.

Dia ditempatkan sebagai penanggung jawab divisi Wagner di Ukraina, di mana kelompok tentara bayaran itu memasok sekitar 30-40 pasukan setiap minggu, kata Osechkin.

Dalam sebuah video yang diposting oleh Gulagu ke saluran media sosialnya, Medvedev mengatakan bahwa dia melarikan diri dari Ukraina pada bulan November setelah diberitahu bahwa kelompok itu bermaksud untuk memperpanjang kontraknya tanpa batas waktu.

  • Apa yang dimaksud dengan kelompok tentara bayaran Wagner Rusia?
  • Pertempuran Ukraina mengisyaratkan keretakan dalam pasukan pro-Rusia

Setelah menghabiskan dua bulan di bawah tanah di Rusia, dia menyeberangi perbatasan ke Norwegia minggu lalu.

Risnes mengatakan kliennya juga menyaksikan sejumlah kejahatan perang saat bertempur di Ukraina, termasuk melihat "pembelot dieksekusi" oleh dinas keamanan internal Wagner Group.

"Singkatnya, dia merasa dikhianati dan ingin pergi sesegera mungkin," kata Risnes.

Dia menambahkan bahwa dia yakin Medvedev telah membawa beberapa bukti kejahatan perang bersamanya ke Norwegia dan bermaksud untuk membagikan informasinya dengan kelompok-kelompok yang menyelidiki kejahatan perang dalam beberapa minggu mendatang.

Menanggapi tuduhan tersebut, pendiri Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, membenarkan bahwa Medvedev adalah mantan tentara Wagner.

Namun dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh salah satu perusahaannya, ia mengatakan bahwa Medvedev memegang kewarganegaraan Norwegia dan pernah memimpin batalyon tentara dari negara Skandinavia tersebut.

Prigozhin juga menuduh Medvedev melakukan "penganiayaan terhadap tahanan" dan mengatakan bahwa mantan pegawainya itu "sangat berbahaya". Risnes mengatakan kepada BBC bahwa tuduhan Prigozhin tidak benar.

Para pejabat Inggris percaya bahwa Wagner Group membentuk sekitar 10% pasukan Rusia di Ukraina, dan memainkan peran penting dalam membantu pasukan Moskow merebut kota Soledar di wilayah Donbas timur pekan lalu.

Ribuan pasukannya telah direkrut dari penjara-penjara Rusia. Prigozhin, seorang mantan narapidana sendiri telah menjanjikan kebebasan kepada para rekrutan dengan imbalan enam bulan pelayanan di Ukraina.

Sebelum invasi ke Ukraina, Rusia hanya memiliki beberapa ribu tentara bayaran. Sebagian besar diyakini adalah mantan tentara berpengalaman, termasuk beberapa dari resimen elit dan pasukan khusus Rusia.

Sejak 2015, Rusia diyakini telah mengerahkan pasukan ke Suriah, Libya, Mali, dan Republik Afrika Tengah. (BBC/*)

Referensi:

https://www.bbc.com/news/world-europe-64296979

  • Bagikan