Kereta Api Sulsel Telan Korban, Penyandang Disabilitas Tewas Tersambar

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Salah seorang petani di Kabupaten Barru bernama Lasuddin (53) tewas disambar kereta api di jalur Kereta Api Ammaro Kelurahan Coppo, Kecamatan, Barru Kabupaten Barru. Peristiwa itu berlangsung sekitar pukul 10.50 Wita, Rabu (1/2/2023).

Kasat Lantas Polres Barru, AKP Abdul Malik saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat Lasuddin pulang dari sawahnya dan dalam perjalanan menuju ke rumahnya di Ammaro, Kelurahan Coppo.

Korban yang mengendarai sepeda diduga hendak menyebrang ke sebelah rel namun ada kereta api yang melintas dan menyebabkan korban tersambar.

"Korban ini menyebrang dengan menggunakan sepeda dari arah timur ke barat dengan melintasi rel kereta api. Saat hendak menyebrang ke sebelah kanan rel, atau pada saat korban naik di rel, disitulah dia disambar kereta api," ujar Malik saat dikonfirmasi.

Korban sendiri diketahui meninggal dunia di lokasi kejadian lantaran mengalami luka parah. Korban juga disebut sempat terpental sejauh kurang lebih 8 meter dari rel kereta api.

Malik menjelaskan, dari informasi pihak keluarga Lasuddin, korban merupakan seorang disabilitas tunarungu. Diduga saat kereta melintas, dia tidak mendengar suara kereta yang sedang melaju kencang sehingga dia disambar.

"Jadi kemungkinan besar karena tidak melihat kebelakang dan tidak mendengar ada suara (kereta api melintas) dari belakangnya," sebutnya.

Kepolisian memastikan, kereta api selalu membunyikan klaksonnya ketika masuk ke perlintasan rel. Kasus ini juga disebut akan ditangani oleh pihak balai kereta api sendiri.

"Setelah kami mendapatkan laporan adanya kejadian ini, kami langsung ke TKP dan melakukan penanganan. Nanti penyelidikannya bukan sama kita karena ini bukan kecelakan lalu lintas nanti di balai kereta," jelasnya.

Untuk korban sendiri sudah dilakukan evakuasi ke Rumah Sakit (RS) Kabupaten Barru guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Lasuddin mengalami luka robek di bagian kepala. Selain itu, korban juga disebut mengalami pendarahan pada bagian telinga kiri dan sejumlah luka lainnya. (isak/B)

  • Bagikan