Masjid Agung Baru Selayar Disiapkan Jadi Ikon Selayar

  • Bagikan

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL - Progres Pembangunan Masjid Agung baru Kabupaten Kepulauan Selayar, telah menuntaskan tahap 1 (pertama).

Pembangunan Tahap 1 Masjid Agung yang berlokasi di area ex-Plaza Marina Benteng ini dilaksanakan oleh CV. Delima Indah Pratama.

Rekanan ini, dinilai telah sukses menyelesaikan kontrak pekerjaan tahap 1 TA 2022, yang meliputi pengerjaan beton struktur bangunan utama, Plesteran dan acian dinding bata bangunan utama dan Kusen pintu jendela bangunan ruang shalat utama.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Muhammad Ramli, ST menjelaskan bahwa Pembangunan Masjid Agung baru Kepulauan Selayar ini, direncanakan akan dikerjakan selama 3 (tiga) tahap.

”Tahun 2022, sebesar Rp11 Milyar, anggarannya bersumber dari bantuan Pemprov sebesar Rp10 Milyar dan sisanya Rp1 M dari APBD Pemkab Selayar. Untuk lanjutan Tahap II TA. 2023 ini dianggarkan sebanyak Rp18,5 Milyar dan tahap III tahun depan TA. 2024 belum kita pastikan jumlah anggarannya. Tentu kita akan usulkan sesuai kebutuhan,” jelasnya, Selasa (14/02).

Dengan telah selesainya tahap pertama ini selaku PPK, Kadis PUTR mengaku bersyukur dan mengapresiasi kinerja pelaksanaan konstruksi oleh rekanan.

“Kami selaku kadis mengapresiasi kepada rekanan yang melaksanakan pekerjaan dengan baik. Pekerjaan tahap I ini berfokus pada pekerjaan struktur Ruang shalat utama. Kami berharap bahwa hasil dari pembangunan mesjid ini dapat memenuhi standar keamanan, kualitas, dan estetika yang tinggi, sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat,” tambah, Muhammad Ramli.

Ia juga berharap bahwa tahap II dan III dari pembangunan mesjid ini dapat dilanjutkan secepat mungkin dan dengan pengawasan yang ketat, sehingga mesjid tersebut dapat segera digunakan.

“Selain itu, kami juga berharap agar kontraktor yang terlibat dalam proyek ini dapat menjalankan tugas mereka dengan profesionalisme dan integritas yang tinggi, sehingga hasil akhir dari pembangunan mesjid ini dapat memuaskan semua pihak,” kata Muhammad Ramli.

Ia berharap dengan kolaborasi yang baik antara semua pihak yang terlibat, pembangunan mesjid ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Dirinya juga menegaskan, bahwa selain didesain agar dapat menjadi tempat ibadah yang indah dan nyaman bagi jamaah, Masjid Agung baru ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu ikon Kabupaten Kepulauan Selayar. (*)

  • Bagikan