Cuaca Ekstrem, Warga Pesisir Mesti Waspada

  • Bagikan
Peringatan Dini BMKG untuk Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Metereologi Maritim Paotere Makassar merilis peringatan dini periode 20-23 Februari 2023.

Prakirawan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Metereologi Maritim Paotere Makassar, Mahagnyana dalam edaran tersebut menyampaikan periode 20-23 Februari akan terjadi pasang maksimum oleh adanya fenomena super newmoon.

"Fase bulan baru ini yang bersamaa dengan Perigee atau jarak terdekat bukan dengan bumi pada 20 Februari 2023 pukul 18.00-21.00 WITA," ungkap Mahagnyana, Senin (20/2).

"Hal itu juga di dukung dengan adanya potensi hujan lebat di sepanjang pesisir barat Sulsel Berpotensi menimbulkan bencana banjir pesisir," tambahnya.

Adapun pesisir barat Sulsel, itu meliputi pesisir kabupaten Barru, pesisir kabupaten Pangkep, pesisir kabupaten Selayar, pesisir kabupaten Maros, pesisir kota Makassar, serta pesisir kabupaten Takalar.

Ia menuturkan, kondisi ini dapat menganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

"Seperti bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman penduduk, serta aktivitas tambak dan perikanan darat," sebutnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut yang disertai hujan lebat serta memperhatikan pembaruan informasi cuaca dari BMKG. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan