Tips Bekerja Saat Puasa agar Tetap Semangat

  • Bagikan

RAKYATSULSEL - Bekerja saat puasa memang punya tantangannya tersendiri. Terlebih kalau kamu seorang pekerja lapangan atau harus menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke kantor. Supaya kamu bisa bekerja dengan semangat dan produktif saat puasa, ikuti tips yang ada di artikel ini, yuk.

Pola makan dan tidur akan berubah saat menjalani puasa Ramadan. Makan dan minum hanya bisa dilakukan pada dini hari saat sahur serta malam hari setelah berbuka puasa, dan waktu tidur pun mungkin bisa berkurang.

Jika pola makan tidak dikelola dengan tepat, apalagi masih harus bekerja pada pagi hingga sore harinya, puasa yang kamu jalani justru bisa memicu munculnya sejumlah keluhan, mulai dari sakit kepala, susah fokus, kelelahan, susah tidur, mood yang tidak stabil, hingga masalah pencernaan. Akhirnya, selain ibadahmu jadi terasa tidak nyaman, pekerjaan pun bisa terganggu.

Tips Bekerja Saat Puasa

Supaya kamu tetap bisa bekerja dengan baik saat puasa, kamu bisa menerapkan beberapa langkah di bawah ini:

1. Jangan lewatkan makan sahur

Makan sahur dengan menu makanan yang tepat merupakan salah satu kunci agar tubuh bugar dan berenergi saat bekerja di siang hari. Pilihlah menu sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat, misalnya dari sayur, buah-buahan, roti gandum, beras merah, atau telur.

Batasi konsumsi makanan yang terlalu asin dan berlemak saat sahur, misalnya gorengan atau makanan cepat saji. Soalnya, jenis makanan tersebut dapat menyebabkan mulut kering, haus yang berlebihan, hingga kelelahan di siang hari.

2. Perbanyak minum air putih

Beraktivitas di siang hari saat puasa di mana kamu tidak diperbolehkan minum, rentan bikin dehidrasi. Kalau sudah begini, kamu bisa sulit fokus, sakit kepala, dan mudah marah yang akhirnya membuatmu kesulitan menyelesaikan pekerjaan. Jadi, minumlah air putih yang cukup, yaitu 4 gelas saat sahur serta 4 gelas setelah berbuka puasa dan sebelum tidur.

Hindari konsumsi minuman berkafein, seperti kopi atau soda karena dapat menyebabkan frekuensi buang air kecil meningkat dan membuatmu mudah haus saat bekerja di siang hari.

3. Berbuka puasa dengan makanan bergizi

Tentukan menu buka puasa yang sehat agar energimu terisi kembali setelah bekerja dan tidak mendapatkan asupan selama kurang lebih 13 jam. Pilih jenis makanan berprotein dan berserat, misalnya daging ayam, ikan, sayuran, atau biji-bijian utuh.

Jangan terlalu banyak makan gorengan ya, apalagi makanan tinggi lemak dan gula. Bukannya bikin sehat, kebiasaan konsumsi jenis makanan tersebut saat berbuka puasa dapat menyebabkan melonjaknya kadar gula darah, masalah pencernaan, hingga memicu batuk. Pastinya keluhan ini akan mengganggu pekerjaanmu, nih!

4. Manfaatkan waktu istirahat siang sebaik mungkin

Waktu istirahat siang hari bisa kamu manfaatkan untuk tidur siang atau power nap. Selain mengurangi rasa lelah, tidur siang bisa mengembalikan fokus dan konsentrasi kamu untuk bekerja. Namun, jangan sampai tidur siang lebih dari 30 menit karena dapat membuatmu sulit tidur di malam hari dan bangun untuk sahur nantinya.

5. Cukupi waktu tidur malam

Di bulan puasa, usahakan tidur lebih cepat dari sebelumnya. Jangan begadang untuk menyelesaikan pekerjaan, apalagi hanya scrolling media sosial, ya. Kalau dirasa tidur malammu masih belum cukup, kamu boleh kok sesekali tidur lagi setelah menyantap sahur. Namun, beri jeda dulu sampai perut tidak terlalu begah.

Tidur yang cukup di malam hari bisa membuatmu lebih bersemangat, berenergi, fokus, dan berpikir kreatif saat bekerja.

6. Kurangi aktivitas berat

Kalau sebelum puasa kamu rutin olahraga intensitas tinggi, coba deh ganti dengan olahraga intensitas sedang atau rendah, seperti peregangan tubuh, berjalan kaki, bersepeda santai, atau yoga. Olahraga jenis ini tidak menguras energi, tetapi tetap bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

7. Ikut buka bersama rekan kerja

Siapa sangka, berbuka puasa bersama teman kantor bisa menambah semangat untuk pergi bekerja, lho. Bersosialisasi saat puasa dapat meningkatkan energi sekaligus memperkuat hubungan dengan rekan kerja. Yuk, buat jadwal untuk berbuka puasa bersama teman kantor!

Meski sedang berpuasa, kamu harus tetap memaksimalkan kinerja dan kemampuanmu, ya. Jadi, terapkanlah tips di atas agar dapat produktif, berenergi, dan bersemangat saat bekerja.

Kalau kamu masih punya pertanyaan terkait tips berpuasa sehat untuk pekerja atau sesuai dengan kesehatanmu, berkonsultasilah dengan dokter.

Ditinjau oleh: dr. Merry Dame Cristy Pane
Referensi: Universitas Airlangga (2021). Tips for Staving Off Hunger and Dehydration During Fasting./alodokter

  • Bagikan