3 Doa yang Mudah Terkabul Saat Bulan Ramadan

  • Bagikan
Foto Berdoa

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ramadan adalah bulan suci penuh berkah, limpahan rahmat dan ampunan. Semua amalan baik akan dilipatgandakan pahalanya.

Tahukah kamu, ada waktu-waktu baik di bulan suci ini yang niscaya doa akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Sesuai yang termaktub dalam QS. Al-Baqarah ayat 186 yang artinya.

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku,agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah :186).

Inilah tiga waktu terkabulnya doa di bulan Ramadan:

Waktu Sahur

Pertama adalah waktu dikabulkannya doa pada bulan Ramadan adalah diwaktu sahur.

Ini sesuai dengan riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

"Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, 'Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada ku, maka akan aku ampuni.”(HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).

Hal ini juga disebutkan oleh Ibnu Hajar dengan menyertakan hadits di atas dengan berkata, “Do’a dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan.” (Fath Al-Bari, 3: 32).

  • Bagikan