Berburu Proyek Pemprov, Kepala PBJ Sulsel Minta Kontraktor Lokal Daftar e-Kalatog

  • Bagikan
Kepala Biro pengadaan Jasa (PBJ) Sulsel, Asrul Sani.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sulsel Asrul Sani meminta kontraktor lokal bisa ikut berpartisipasi dalam berburu proyek Pemerintah Provinsi (Pemprov). Mereka bisa melakukan penawaran lewat e-kalatog.

"Saat ini para pengusaha mesti mendaftarkan usahanya di e-katalog terlebih in8 untuk kontraktor lokal," jelas Asrul Sani, Sabtu (15/4).

Asrul Sani menjelaskan e-Katalog adalah aplikasi belanja online yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), yaitu sebagai aplikasi penyedia berbagai macam produk dari pelbagai komoditas yang dibutuhkan oleh pemerintah.

Untuk e-katalog sendiri, sambung Asrul Sani terbagi atas tiga. Yaitu, Katalog Elektronik Nasional adalah Katalog Elektronik yang disusun dan dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Katalog Elektronik Sektoral adalah Katalog Elektronik yang disusun dan dikelola oleh Kementerian.

"Katalog Elektronik Daerah (Lokal) adalah Katalog Elektronik yang disusun dan dikelola oleh Pemerintah Daerah. (Pemprov Sulsel), di E-Katalog ini kami mengajak kontraktor lokal untuk berpartisipasi," sebutnya.

Ia memeberkan, saat ini tidak ada lagi batasan belanja untuk pembangunan yang di dalam E-Katalog. "Tidak ada mi batasan nilainya, untuk jenis Kontraknya," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan, melalui Biro pengadaan Jasa (PBJ) mengajak seluruh kontraktor lokal untuk berpartispasi dalam proses pembangunan. Dengan mendaftarkan usaha di E-Katalog.

"Kita mengajak seluruh kontraktor lokal untuk bergabung memberikan penawarannya melalui E-Katalog," ujar Kepala Biro pengadaan Jasa (PBJ) Sulsel, Asrul Sani.

Kata dia, jika para kontraktor ingin mendaftarkan diri itu bisa langsung ke kantor PBJ Sulsel untuk dilakukan pendampingan pada proses pengajuan tawaran melalui E-Katalog.

Sekadar informasi, beberapa pengadaan barang dan jasa melalui E-Katalog itu, seperti kegiatan pembangunan jalan, jembatan, irigasi serta lainnya dan dapat dikases melalui https://e-katalog.lkpp.go.id/katalog/komoditas-kldi/D395. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan