Jadi Tuan Rumah IMC 2023, Taruna Ikrar obsesi Kembangkan Medical Tourism di Bali

  • Bagikan
Ketua Panitia IMC Prof Ikrar Taruna Pimpin Press Conference Media di Bali, Baru-baru Ini

DENPASAR, RAKYATSULSEL - Provinsi Bali akan menjadi tuan rumah pertemuan akbar para pelaku kesehatan di dunia. Mulai dari dokter profesional, akademisi kesehatan hingga para pengambil kebijakan. 

Atau dikenal sebagai International Medical Conference (IMC) 2023, yang akan berlangsung di Bung Karno Convention Centre, Sanur Bali, dari 10-13 November 2023 mendatang. Anggota IMC yang akan datang ke Bali berasal dari 149 negara bahkan lebih.

Ketua panitia Internasional Medical Conference (IMC) 2023, Prof Taruna Ikrar mengatakan hal tersebut agar Bali selain menjadi tujuan wisata dunia, juga sebagai pusat perobatan masyarakat dunia.  

"Bali ini nomor satu destinasi pariwisata, jadi kenapa tidak menggabungkan aspek medis ini? Kami menginginkan ada jembatan yang menjadi destinasi tidak saja kuat secara destinasi, tapi juga medis," ungkap Prof Ikrar.

Apalagi, menurut pengamatan Prof Taruna, setiap tahun hampir sekitar 1,5 juta penduduk Indonesia yang ke luar negeri untuk berobat berobat dan berwisata. Dan bisa menghabiskan ratusan triliun karena berobat di luar.

Apalagi saat ini Bali sudah punya Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan di Sanur. Sehingga tinggal dikembangkan menjadi platform unggulan dalam pertukaran, inovasi, dan pembelajaran di bidang kesehatan serta menjadi zona kesehatan dunia. 

Prof Taruna Ikrar berkeyakinan bahwa jika Bali sudah menjadi zona kesehatan dunia, maka para dokter profesional asal Indonesia yang bekerja di luar negeri pasti akan kembali.

Selain itu masyarakat Indonesia tidak lagi harus jauh-jauh ke luar negeri karena semua jenis pengobatan dengan teknologi canggih sudah ada di Bali. 

"Saya pikir kesehatan dan pariwisata adalah industri buatan manusia. Artinya kedua bidang besar itu harus kita ramu. Jadi IMC akan menjadi 'melting pot' bagi Bali dan Indonesia," tambahnya.

Untuk diketahui Konferensi tersebut didukung oleh Kementrian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan, Kementerian Investasi, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), dan Pemerintah Provinsi Bali.

Terpisah, Sekertaris IMC 2023 Levie Lantu mengatakan pihaknya merasa antusias karena dapat menyebabkan IMC di Bali dan akan tetap di Bali.

"Kami sangat antusias untuk menyelenggarakan International Medical Conference 2023 di Bali, Indonesia, dan mempertemukan pemikir-pemikir terbaik di bidang kesehatan untuk berbagi pengetahuan dan keahlian mereka," tandas Levie. (*)

  • Bagikan