Polisi Gerebek Gudang Pembuatan Knalpot Brong di Jalan Perintis Kemerdekaan

  • Bagikan
Pabrik atau gudang pembuatan knalpot brong di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, digrebek polisi, Kamis (25/5/2023). Foto: ISAK PASA'BUAN/RAKYATSULSEL/A

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pabrik atau gudang pembuatan knalpot brong di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, digrebek polisi, Kamis (25/5/2023).

Dari penggrebekan tersebut ada ratusan knalpot brong atau knalpot racing dari berbagai jenis berhasil diamankan polisi.

Kapolrestabes Makassar Kombes Mokhamad Ngajib mengatakan, pengrebekan bengkel tersebut dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat. Dimana setelah dilakukan penyelidikan, ternyata benar di lokasi itu ada tempat pembuatan knalpot brong.

"Jadi ini berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa ada salah satu bengkel dan juga toko yang menjual dan memproduksi dan juga langsung memasangkan di situ knalpot brong," ujar Ngajib saat diwawancara.

Saat dilakukan pengrebekan, Ngajib mengatakan sedang ada aktifitas di bengkel tersebut. Pihak pengelola bengkel didapati sedang memasangkan knalpot brong kepada kendaraan atau motor pelanggannya.

"Setelah kita tidak lanjuti, ternyata kita dapatkan banyak sekali kenalpot brong. Yang pada saat itu juga (pengelola bengkel) sedang memasang knalpot brong kepada salah satu motor masyarakat," ujarnya.

Selain menyita ratusan knalpot bising, polisi juga ikut mengamankan tiga orang diduga pemilik dan pengelola bengkel. Namun, kata Ngajib, pengamanan tersebut dilakukan guna mengambil keterangan, dan tidak dilakukan penahanan.

Hal tersebut dilakukan mengingat masih dalam proses pengembangan dan belum ada pasal yang disangkakan kepada ketiga orang itu.

"Nanti kita kembangkan, kita akan cari satu pelanggaran atau kejahatan yang dilakukan pelaku (pemilik bengkel). Ini masih didalami, ini masih dalam proses pemeriksaan," terangnya.

"Nanti kita liat dari pelanggaran dan pasalnya berapa (yang bisa diterapkan)," sambungnya.

Dari bengkel yang di grebek itu, polisi turut mengamankan sejumlah alat-alat yang digunakan seperti alat pemotong, juga alat las. Bengkel itu sendiri disebut sudah beroperasi sejak 4 tahun lalu.

"Kita amankan, ada knalpot brong, kemudian alat-alat yang digunakan, ada gerinda, ada juga tabung juga (tabung las)," sebutnya.

Atas temuan ini, Polrestabes Makassar mengimbau kepada pihak bengkel yang melakukan aktivitas sama yakni membuat knalpot brong untuk segera menghentikan kegiatannya sebelum digrebek.

"Kalau ada kita liat orang yang menjual kenalpot brong dan langsung di situ memasangkan knalpotnya dan bukan knalpot standar maka kita akan lakukan tindakan," pungkasnya. (isak/B)

  • Bagikan