IAS Silaturahmi di Tinggimoncong, Abdul Gani Cerita Jasa Arief Sirajuddin Promosi Wisata Malino

  • Bagikan

GOWA, RAKYATSULSEL - Mantan Bupati Gowa, H Muhammad Arief Sirajuddin disebut sangat berjasa dalam mempromosikan kawasan Wisata Malino.

Hal tersebut diakui tokoh masyarakat Bulutana, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, H Abdul Gani yang menceritakan jasa bupati Gowa periode 1976-1985 saat bertemu dengan Ilham Arief Sirajuddin, Jumat (2/6/2023).

"Saya masih ingat betul, bagaimana terkenalnya Bulutana di masa pemerintahan Arief Sirajuddin. Waktu itu Bulutana masih berstatus desa. Dan Arief Sirajuddin berhasil mengantar Bulutana menjadi juara lomba desa tingkat Sulsel. Berkali-kali," kenang pensiunan pengawas sekolah itu.

Abdul Gani juga mengenang upaya ayah mantan wali kota Makassar 2004-2014 itu, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) "menjual" keindahan Malino ke masyarakat umum.

"Saya ingat sekali, warga Malino untuk pertama kali menikmati even olahraga internasional itu juga saat Arief Sirajuddin memimpin Gowa. Itu kejuaraan balap sepeda internasional yang finisnya di Malino," kata Abdul Gani.

Even dimaksud Gani adalah Tour De ISSI Toraja-Makassar-Malino di tahun 1976. Itu menjadi salah satu momen penting bagi Malino hingga mulai dikenal sebagai destinasi wisata alam. Lokasi finis kejuaraan yang dimenangkan legenda atlet balap sepeda Indonesia, Sutiyono, memang finish di Kota Bunga tersebut.

Gebrakan selanjutnya yang dilakukan bupati Gowa keempat itu adalah Program Malino Indah. Aneka kegiatan yang dipusatkan di Malino era 70-an ketika itu semakin menggaungkan wisata Malino yang menyaingi puncak di Jawa Barat.

"Makanya, saya sangat yakin putera Arief Sirajuddin, Pak Ilham juga pasti memiliki keinginan kuat melanjutkan jasa-jasa ayahnya membenahi dan mendorong Malino menjadi kawasan wisata yang lebih baik jika mendapat kepercayaan memimpin Sulsel nanti," tegas Gani di hadapan sejumlah tokoh masyarakat Tinggimoncong.

Kandidat bakal calon gubernur Sulsel 2024 yang hadir dengan tagline GubernurKu itu kembali menggarap dataran tinggi Gowa, Jumat-Sabtu, 2-3 Juni 2023.

Selain bersilaturahmi dengan masyarakat Bulutana di Bulutana, IAS juga dijadwalkan melakukan aksi sosial bersama Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin. (*)

  • Bagikan