PDIP Optimis Raih 19 Kursi di DPRD Sulsel

  • Bagikan
(Dokumen Rakyat Sulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - 85 nama bakal calon legislatif (bacaleg) PDI Perjuangan untuk memperebutkan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan pada Pileg 2024 mendatang telah disetor ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu.

Dari delapan kader PDI Perjuangan yang duduk di DPRD Sulsel saat ini, tersisa enam yang kembali maju. Dua antaranya naik kelas bertarung ke DPR RI. Mereka adalah Rudy Pieter Goni dan Kartini Lolo.

Adapun nama potensial yang masuk jajaran bacaleg PDI Perjuangan Sulsel adalah eks calon Wakil Wali Kota Makassar, Fadli Ananda dan Legislator DPRD Sidrap Suckhar Syhandhiy Hamidse. Selebihnya, mereka rata-rata pendatang baru.

"85 nama tersebut sudah disetor ke KPU Sulsel. Mereka merupakan jagoan kami yang akan bersaing di Pileg 2024 untuk memperebutkan kursi DPRD Sulsel," beber Sekretaris PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni kepada Rakyat Sulsel, Minggu (4/6/2023).

Dengan komposisi bacaleg saat ini, kata dia, PDI Perjuangan akan meraih 19 kursi di DPRD Sulsel jika pemilu dilakukan sistem proporsional tertutup.

"Target kami 14 kursi (kalau proporsional terbuka), tapi kalau (tertutup) 19 kursi. Kita hitung di beberapa daerah bisa dua kursi," beber Rudy.

Anggota DPRD Sulsel itu mencontohkan, seperti daerah pemilihan (dapil) Makassar A, B dan di Luwu Raya, pihaknya target dua kursi. Karena potensi bacalegnya sangat luar biasa.

"Di Makassar B contoh, ada enam caleg, kami sangat meyakini mereka, apalagi ada incumbent (ibu Risfayanti Muin), dan lima caleg lainnya juga tidak bisa diragukan. Jadi dua kursi itu bukan hal yang mustahil," tuturnya.

"Di Luwu Raya, pak Esra Lamban dari hasil survei beliau dapat juga yakini dapat kursi, dan 10 caleg lainnya bisa bawa kursi. Karena variatif dan juga berbeda demografi dan kondisi masing-masing," jelasnya.

  • Bagikan