Cerita Perjalanan Hari Kedua: Titik Nol IKN Jadi Tujuan Utama

  • Bagikan
Rombongan Studi Tiru Pengurus IKA Fakultas FMIPA Unhas Makassar didampingi Langsung Ketua IKA MIPA Unhas Hadi Mulyadi yang Juga Wakil Gubernur Kalimantan Timur Foto Bersama saat Sisir Sungai Mahakam

BALIKPAPAN, RAKYATSULSEL – Hari pertama setelah tiba di Balikpapan, Sabtu 3 Juni 2023. Rombongan Studi Tiru pengurus Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universita Hasanuddin (IKA FMIPA Unhas) Makassar, langsung mengunjungi lokasi Titik Nol IKN (Ibu Kota Nusantara), yang dipimpin Ketua Harian IKA FMIPA Unhas Dr A Masdiawati dan Sekretaris Ekafadly Yusuf.

Kunjungan ke Titik Nol IKN bagi para pengurus IKA FMIPA Unhas terdiri para dosen, ASN serta pengusaha merupakan pertama kali yang selama ini hanya diketahui melalui media elekronik maupun media sosial.

Kunjungan Hari ke 2 Susur Sungai Mahakam, Ketua IKA MIPA UNHAS Hadi Mulyadi yang Juga Wakil Gubernur Kalimantan Timur mendampingi Lasung Peserta disetia Kunjungan Distinasi Wisata yang ada di Kalimantan Timur.

“Alhamdulillah, luar biasa akhirnya bisa juga mengunjungi Titik Nol IKN yang nantinya menjadi pusat pemerintahan Republik Indonesia menggantikan DKI Jakarta,” kata Asri, salah seorang anggota IKA FMIPA Unhas Makassar.

Hal senada juga disampaikan Ketua Harian IKA FMIPA Unhas A Masdiawati, bahwa Provinsi Kaltim luar biasa, Kota Balikpapan menjadi kota yang sangat bersih, karena pemerintah setempat sangat berkomitmen dalam menjaga kebersihan daerahnya, dan itu sudah dibuktikan.

“Kunjungan ke Titik Nol IKN adalah tujuan utama. Kami juga akan mengunjungi obyek-obyek wisata di Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong. Dan tidak kalah penting adalah melihat UKM maupun UMKM disini, dan nantinya bisa ditiru dan diadopsi ilmunya untuk menggerakkan UKM ditempat kami,” jelas
Masdiawati.

Kunjungan ke lokasi Titik Nol IKN, betul-betul dimanfaakan maksimal oleh seluruh peserta Studi Tiru pengurus IKA FMIPA Unhas dengan swa poto dan maupun vidoe sebagai kenang-kenangan setelah pulang ke daerah masing-masing.

Setelah mengunjungi Titik Nol IKN Nusantara, rombongan menuju Kota Samarinda, dan disambut Ketua IKA FMIPA Unhas H Hadi Mulyadi, tepatnya di rumah makan Banjar Sari.

Setelah makan siang dan istirahat di hotel, rombongan melanjutkan kegiatan jelajah Sungai Mahakam yang dipimpin langsung orang nomor dua Benua Etam .

Wagub mengawali sambutannya dengan pantun “Kentang dijual di pasar merdeka, selamat datang kakak adik semua Kota Samarinda tercinta”

“Pergi tamasya ke kota raja. jangan lupa beli pepaya. Kami bangga IKA FMIPA Unhas, selalu bekerja untuk nusa dan bangsa,” ucapnya, yang langsung mendapat aplaus dan teriakan “mantap Pak Ketua”.

Mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini pun menyampaikan terimakasih dan selamat bertemu kembali dalam keadaan sehat wal’afiat untuk melaksanakan kegiatan jelajah Sungai Mahakam.

“Saya sangat berbahagia bisa bertemu dengan IKA FMIPA Unhas, dan selamat menikmati jelajah Sungai Mahakam di Samarinda,” ujarnya.

Usai memberikan sambutan, Wagub menghibur rombongan dengan membawakan tiga lagu, yaitu Ikan Dalam Kolam, Balo Lipa dan Pamer Bojo, dan semua peserta bergembira dan berjoget.

Bahkan saat melewati Jembatan Mahkota II, rombongan berswapoto untuk mengambil gambar jembatan menghubungkan Kelurahan Sungai Kapih, kecamatan Sambutan dengan Kelurahan Simpang Pasir, Palaran di kota Samarinda.

Termasuk saat melintasi Jembatan Mahakam IV, jembatan yang menghubungkan Samarinda Kota dengan Samarinda Seberang, yang juga dikenal Jembatan Kembar. (*)

  • Bagikan