Gelar Bimtek IKM, Begini Harapan Kepsek UPT SMPN 9 Tiroang

  • Bagikan
Kepsek UPT SMPN 9 Tiroang Nurul dan Peserta Bimtek IKM Foto Bersama. (Amran/A)

PINRANG, RAKYATSULSEL - Para Guru dan Tenaga Kependidikan Lingkup UPT SMP Negeri 9 Tiroang mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di ruang LAB IPA sekolah Jalan Pelajar Tonrong Saddang, Tiroang, Kecamatan Tiroang, 21-22 Juni 2023.

Kepala Sekolah (Kepsek) UPT SMP Negeri 9 Pinrang, Nurul Yaqin menyampaikan apresiasi kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan. Alasannya, mereka sangat antusias menghadiri agenda Bimtek.

"Alhamdulillah, para peserta cukup antusias mengikuti kegiatan. Semoga pembekalan ini menjadi acuan dan modal dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara terarah," ucap Nurul, Jumat (23/6).

Dibawah bimbingan dan arahan Pemateri IKM Indrayana juga selaku Pengawas Pembina bersama Syamsul Bahri selaku pengawas SMP, kata Nurul Yaqin, para peserta menerima materi IKM, dengan garis besar seperti, berupaya untuk memulihkan pembelajaran demi mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik.

"IKM, mengutamakan pada pembelajaran berbasis proyek demi mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Bertujuan, mengembangkan potensi peserta didik dan meningkatkan kualitas pendidikan. Dan Dengan konsep yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk mengatur dan mengembangkan cara belajar mereka sendiri secara mandiri," jelasnya.

Lebih jauh dikatakan, P5 Kurikulum Merdeka adalah sistem pembelajaran yang bertujuan untuk mengamati dan menyelesaikan permasalahan di sekitar melalui lima aspek utama, yaitu: potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan peran sosial.

"Struktur kurikulum di Kurikulum Merdeka didasari tiga hal, yaitu: berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel, dan karakter Pancasila," pungkasnya. (Amran/A)

  • Bagikan