Jadi Ajang Perkenalan Budaya, Rakernas XVI APEKSI Hadirkan Panggung Seni

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kota Makassar menjadi tuan rumah pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 10 hingga 14 Juli 2023 mendatang. Sebanyak 98 kepala daerah dari seluruh kota se Indonesia akan hadir.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kebudayaan Kota Makassar menyiapkan panggung seni sebagai sarana untuk memperkenalkan seni dan budaya dari seluruh kota di Indonesia. Panggung seni tersebut akan berlangsung mulai tanggal 11 Juli hingga 14 Juli 2023.

"Setiap harinya sejak tanggal 11 Juli, setiap kota akan diberi kesempatan untuk menampilkan pentas seninya, dan tentunya Kota Makassar akan turut terlibat memberikan sajian pentas seni terbaik nantinya," ungkap Herfida, Jumat (30/6).

Herfida menuturkan Kota Makassar juga akan turut serta dalam memberikan penampilan seni terbaik. Salah satu pertunjukan seni khusus dari Makassar adalah tarian etnis Toraja, yang akan menggunakan kostum yang didesain sendiri dengan tiga corak warna, yaitu merah, putih, dan hitam.

Tarian ini menggambarkan perjalanan sebuah daerah dengan melibatkan aspek sosial di dalamnya. Tarian tersebut mengambil dasar gerakan dari etnis Toraja, karena memiliki nilai estetika pariwisata yang telah diakui hingga mancanegara.

Selain itu, Herfida menyebut pada penutupan panggung seni tanggal 14 Juli, akan menyuguhkan penampilan dari band nasional yakni Armada Band.

Selain panggung seni, kata herfida,akan diadakan karnaval seni di area Center Point of Indonesia. Melalui karnaval ini, 98 kota akan menggunakan pakaian adat masing-masing dan mengadakan parade untuk saling mempererat dan memperkenalkan budaya mereka.

"Melalui Rakernas Apeksi XVI, akan ditampilkan berbagai keindahan dalam keberagaman seni dan budaya, meskipun Indonesia terdiri dari berbagai perbedaan, namun akan terlihat indah dan saling melengkapi," tutup Herfida. (Sas/A)

  • Bagikan