Kick Off Bus Trans Andalan, Berikut Rencana Rutenya

  • Bagikan
Kick Off Bus Trans Andalan. (Abu/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Sebanyak 26 bus Trans Andalan telah dilepaskan ke 13 kabupten dan kota yang ada di Sulsel. Adapun operasionalnya akan dibagi ke beberapa rute.

Dirut PT Mamminasata, Andry Arief Bulu mengatakan untuk sementara trayek itu pertama akan melalui Jalur pantai barat.

Kata dia, untuk pantai barat itu meliputi wilayah Takalar sampai Toraja. Detailnya itu dari pelabuhan Galesong ke stasiun wisata kabupeten Pangkep, kemudian Terminal Lumpue di Parepare sampai di terminal Pinrang, kemudian terminal Enrekang sampai terminal Makale.

Ia melanjutkan, untuk jalur lintang utara itu dimulai dari kabupaten Barru lalu Soppeng sampai Sidrap dan Wajo.

"Integrasinya moda antar kota, kereta api dan pelabuhan, stasiun garongkong di barru kemudian terminal watansoppeng dan beberapa kawasan wisata Barru. Kemudian dari terminal di Barru sampai terminal Sawerigading, Wajo," terangnya, Senin (10/7/2023).

Ia melanjutkan, untuk Jalur selatan itu akan berangkat dimulai dari Takalar ke kabupaten Selayar.

"Akan terintegrasi dengan pelabuhan dan bandara," sebutnya.

Ia menjabarkan, dari terminal Takalar ke Jeneponto, itu akan terintegrasi dengan kawasan wisata di Jeneponto. Kemudian terminal Bulukumba akan sampai pada pelabuhan bira dan kawasan wisata di Bira.

"Pelabuhan Pamakkaka selayar, pelabuhan Benteng selayar sampai bandara dan pelabuhan Pattumbukang," sebutnya.

Lalu kata dia, untuk jalur timur, itu akan dimulai dari Kota Palopo sampai kabupaten Sinjai. "Mulai dari terminal Dengerako, menuju terminal belopa, terminal sawerigading di Wajo, terminal bone, bandara bone sampai terminal sinjai," ulasnya.

Ia membeberkan, adapun Pengoperasian Bus Trans Andalan resmi dimulai bulan ini, dengan pertimbangan segala kebutuhan pengoperasian yang ia klaim telah memenuhi Standar Operasional Pengoperasian.

"Bus sudah disiapkan, kami siapkan standar keselamatan dan pelayanan," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel mengatakan sesuai dengan harapan digagasnya bus Trans Andalan itu, diharapkan dapat terkoneksi di 24 kabupaten/ kota yang ada di Sulsel yang meski saat kick of dilakukan itu baru 13 kabupaten dan kota menjadi tujuan 26 bus itu.

"Pelan-pelan kita akan tambah terus, Target semua wilayah di Sulsel. Sekarang masih beberapa spot perlintasan," pungkasnya. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan