Youth City Changer jadi Rangkaian Rakernas APEKSI 2023, Ciptakan Forum Kolaborasi Antara Pemuda

  • Bagikan
Ketua APEKSI Bima Arya pada General Briefing YCC di Tokka Tena Rata Kabupaten Maros Sulsel, Senin (10/7).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Youth City Changer (YCC) menjadi acara pembuka rangkaian kegiatan dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023 yang berlangsung di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros. 

Kegiatan YCC ini akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 10 hingga 11 Juli 2023. Dengan diikuti delegasi pemuda dari 98 kota se Indonesia dan juga delegasi dari Singapura. 

"Dengan masing-masing kota mengirimkan 2 hingga 6 orang perwakilan," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar, Andi Pattiware, Senin (10/7). 

Andi Pattiware mengatakan tujuan utama dari kegiatan YCC ini untuk menciptakan forum kolaborasi antara pemuda dari 98 kota se Indonesia. 

Ia menyebut forum kolaborasi ini masih jarang dilakukan sebelumnya. Andi Pattiware menyebut ini kali kedua diselenggarakannya forum kolaborasi pemuda seperti ini. 

"Mengingat setiap kota memiliki permasalahan yang berbeda. Dalam acara ini, mereka berbagi pengalaman dan bekerjasama untuk menemukan solusi bersama," ujar Andi Pattiware. 

Adapun rangkaian acara pada YCC ini yakni forum session dan inspirational talkshow dengan menghadirkan tiga narasumber inspiratif yakni Ketua APEKSI sekaligus Wali Kota Bogor, Bima Arya, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. 

"Ini menarik, karena kita tahu Emil Dardak itu tokoh pemuda yang sepantaran dengan usia peserta YCC," ucap Andi Pattiware. 

Dengan adanya Youth City Changers, Andi Pattiware berharap forum kolaborasi pemuda ini diharapkan dapat membawa solusi dan kerjasama yang lebih kuat dalam kepemudaan di masa depan. (Shasa/B)

  • Bagikan