DPP Demokrat Belum Proses PAW Andi Irma

  • Bagikan
anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulsel, Andi Azizah Irma

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Proses pergantian antar waktu (PAW) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulsel, Andi Azizah Irma akan digantikan oleh Andi Ian Latanro tak berjalan mulus, pasalnya masih ada dokumen yang belum lengkap.

"Kemarin sudah dikirim ke DPP, belum diproses karena kekurangan berkas calon PAW nya," kata Ketua OKK Partai Demokrat Sulsel, Muhammad Aslan, Jumat (14/7/2023).

Kendati demikian kata dia, hal ini sudah dilakukan perbaikan oleh DPD. Ia meyakini dalam waktu dekat akan diproses oleh DPP kemudian nantinya akan dilanjutkan dengan proses di KPU hingga Pemprov dan Kemendagri.

"Kemarin ada berkas yang kurang seperti CV dan SKCK. Tapi sudah dilengkapi dan dikirim hari Kamis kemarin. Kami yakin diproses secepatnya untuk PAW pak Ian Latanro isi masa periode sisa sampai 2024," jelasnya.

Diketahui, menjelang Pemilihan legislatif (Pileg) 2024, Andi Azizah Irma Wahyudiyati Irwan resmi meninggalkan Partai Demokrat Sulsel. Itu dibuktikan dengan diterimanya surat pengunduran diri Irma oleh DPD sebagai kader partai, Minggu 2 Juli 2023.

Andi Irma–sapaan akrabnya mengakui jika dirinya telah meninggalkan Partai Demokrat. Bahkan sudah resmi menjadi kader dan bacaleg Partai NasDem.

Diketahui Pada Pemilu 2019 lalu, dari dapil IX Sulsel, Andi Irma dengan perolehan 34.780 suara, di urutan kedua ada Andi Ihsan Parenrengi dengan perolehan 5.156 suara. Namun Andi Ihsan dipecat oleh Demokrat karena mengikuti Kongres Luar Biasa (KLB).

Ian Latanro meraih suara ketiga terbanyak internal Demokrat dengan perolehan 2.733 suara dari tiga Kabupaten Enrekang, Sidrap dan Pinrang.

Lantas bagaimana nantinya perolehan suara Demokrat di dapil tersebut? Sekretaris Demokrat Sulawesi Selatan, Haedar Majid mengatakan, partainya optimistis meraih kursi di Dapil IX Sulsel meski Irma meninggalkan partai ini. Pasalnya, partai masih memiliki kader yang mumpuni.

Sebut saja Ketua Demokrat Pinrang yang juga Ketua DPRD Pinrang, Muhtadin. Selain itu ada Ian Latanro yang tengah dipersiapkan sebagai PAW Irma.

"Tentu optimis dong. Kami yakin partai kami meraih kursi di Dapil itu (IX). Soal PAW Bu Irma, sudah kami proses usulannya ke DPP. Dan ada bacaleg potemsial isi dapil itu nantinya," kata Haedar secara singkat. (Suryadi/B)

  • Bagikan