Sambut 1 Muharram Tahun Baru Islam, UMI Gelar Dzikir dan Doa

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dalam rangka menyambut 1 Muharram atau dikenal tahun baru Islam tanggal 19 Juli 2023 jatuh pada hari Rabu 1445 Hijriah, Civitas akademika Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menggelar dzikir dan doa di kampus, Selasa (18/7/2023).

Dzikir dan doa yang berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab UMI, jalan Urip Sumohardjo, Makassar, dihadiri Rektor UMI Prof. Dr. Basri Modding dan jajaran wakil Rektor. Hadir juga pimpinan Fakuktas atau jajaran Dekan, juga hadir Pimpinan Yayasan dan Pengurus Majelis Taklim (MT) Ukhuwah UMI.

Rektor UMI Prof. Dr. Basri Modding menyampaikan tahun baru Islam jatuh pada tanggal 1 Muharram Tahun Baru Islam 2023, atau 1445 Hijriah merupakan momen yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Terutama bagi civitas akademika UMI untuk melakukan veluasi diri.

"Tahun baru Islam merupakan momen penting yang menandai pergantian tahun dalam kalender Islam, yang dikenal sebagai tahun Hijriah. Artinya kita harus evaluasi diri agar lebih baik kedepan," ujarnya.

Mantan Direktur PPs UMI itu menyampaikan dengan masuknya tahun 1445 H menjadi penanda ada sesuatu yang perlu di introspeksi (muhasabah) agar tahun yang akan di lalui dapat menjadi bahan pijakan dalam menempuh kebaikan.

Salah satunya adalah melakukan introspeksi dan evaluasi untuk melakukan perubahan. Makna hijrah untuk kondisi yang lebih baik.

"Hijrah artinya berpindah dari belum baik menjadi baik. Berpindah dari unggul menjadi reputasi internasional. Mari kita jadikan momentum berjihad," tuturnya.

Selain dzikir doa pagi ini, sebentar sore dilakukan eksebisi kompetisi mini Soccer antara UMI dan lingkup LLDikti.

Besok Rabu dilakukan lomba gerak jalan sehat lingkup UMI dihadiri mahasiswa asing dari negara tetangga. Kemudian ada lomba pidato terkait UMI antar lintas mahasiswa, ada juga kegiatan majelis taklim (MT) Ukhuwah UMI," tukasnya. (Suryadi/A)

  • Bagikan