Puluhan Ribu Warga Pinrang Ramaikan Pawai Tahun Baru Islam

  • Bagikan
Pawai Taaruf untuk memperingati tahun baru Islam 1 Muharram di Kabupaten Pinrang

PINRANG, RAKYATSULSEL - Puluhan ribu warga Kabupaten Pinrang tumpah ruah ke jalan meriahkan Pawai Taaruf untuk memperingati tahun baru Islam 1 Muharram.

Dalam sambutannya Bupati Pinrang, Irwan Hamid mengatakan, perhelatan Pawai Taaruf untuk memperingati  Satu Suro saat ini merupakan yang termeriah sejak lima tahun terakhir.

"Antusias masyarakat Pinrang sangat tinggi untuk memeriahkan. Tahun baru Islam," kata Irwan saat Pawai Taaruf,  Rabu (19/07/2023).

Irwan mengatakan, peringatan 1 Muharram tidak semata mata dilakukan secara seremonial semata-mata Pemerintah daerah sangat mengapresiasi Keikut sertaan semua elemen masyarakat dalam memeriahkan tahun baru Islam.

Menurut Irwan salah satu tujuan dari Pawai Ta'ruf adalah untuk siar Islam dan semakin meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Selain itu adalah untuk mempererat ukhuwah  antar masyarakat, baik antar umat Islam maupun dengan agama lain. Sehingga lanjut dia harmonisasi kehidupan bermasyarakat di kabupaten Pinrang akan terus terjaga.

Sementara Itu Ketua BKPRMI Kabupaten Pinrang Rusli Rasyid mengatakan, peserta Pawai Ta'ruf dari berbagai kalangan, baik pelajar , pihak sekolah, masyarakat.

"Tua, muda, remaja hingga anak anak turut memeriahkan perayaan pergantian tahun Hijriyah," ujarnya.

Dia mengatakan, dari catatan panitia, peserta Pawai Ta'ruf saat ini tidak kurang dari 18 ribu orang. Mereka berdatangan dari kota hingga pelosok desa untuk memeriahkan tahun baru Islam.

Ribuan peserta Pawai Ta'ruf itu mengelilingi jalan jalan protokol di kota Pinrang sepanjang kurang lebih 5 kilometer. Diiringi musik qasidah dan musik patrol. (Amr)

  • Bagikan