Pedagang Musiman Bermunculan, Peringatan Kemerdekaan RI sudah Dekat

  • Bagikan
Penjual bendera merah putih di pinggir jalan Kota Makassar. (Foto Abu Hamzah)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Kain kain warna-warni mulai dipamerkan, tak elak juga kain merah putih menjadi pemeran utama pada pameran itu, disuguhkannya beragam ukuran dan peruntukannya.

Salah satu penanda Hari kemerdekaan RI telah dekat yaitu bermunculannya bendera sebagai pemeriah suasana hari kemerdekaan Indonesia. Kain merah putih mulai ditawarkan oleh pedagang musiman.

Haniah (52) seorang pedagang bendera, meski terhitung 10 hari lagi untuk masuk pada bulan Agusutus, ia mulai menyajikan produk terbaiknnya dengan harapan dapat meraup banyak pembeli sampai suasana kemerdekaan telah berlalu.

“Iya ini, dekat mi agustus 10 hari lagi itu sudah tidak terasa,” kata Haniah saat Rakyat Sulsel melakukan wawancara di area penjualannya, Jumat (21/7/2023).

Kata dia, puncak ramainya pembeli itu jika telah memasuki pekan kedua dibulan Agustus.

Ia menuturkan, meski terbilang dagangan musiman, menjual atribut kemerdekaan (bendera) telah dilakukannya terhitung lebih dari 5 tahun, yang tentu tak sedikit dinamika dalam pemasaran yang dilaluinya.

Apalagi 2019 silam pandemi Covid-19 membekukan hampir seluruh aktifitas manusia dengan fisical Distancing, yang tentun sangat berpengaruh pada penjualan juga.

“Waktu pandemi, memang kurang pembeli,” sebut Haniah.
“Tapi tahun lalu, setelah orang bisa beraktivitas sudah mulai meramai lagi,” imbuhnya.

Haniah lihai menawarkan dagangannya, dengan kisaran harga yang variatif untuk setiap jenis atribut dan bendera, mulai dari atibut merah putih dengan panjang 400 x 50 cm dengan logo identik Bhineka Tunggal Ika itu dibanderol dengan harga Rp 50.000. Untuk bendera dengan ukuran 80x50 cm sambung Haniah itu itu dibanderol dengan kisaran harga Rp30.000.

“Masih bisa kurang, anda silahkan menawar,” ucapnya.

Ia menuturkan, meski harus mengurus anak, menjual atribut tak lain juga untuk membantu ekonomi keluarga apalagi saat ini dua orang anaknya sedang menduduki bangku sekolah yang tentu tak lepas dari kebutuhan pendidikan seperti alat tulis dan lainnya.

Sekadar informasi, banyak pilihan atribut kemerdekaan yang ditawarkannya, bahkan bendera merah putih yang memiliki gagang dengan ukuran kecil juga di jualnya, tentu dapat dijadikan langkah baik untuk menanamkan nasionalisme pada anak. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan