Silaturrahim dan Pemantapan Materi Pencerahan Qalbu UMI

  • Bagikan
Silaturrahim dan Pemantapan Materi Pencerahan Qalbu Hybrid UMI berlangsung di Aula Prof.Masrurah Mokhtar Kantor UPT PKD Kampus 2 UMI Jl.Urip Sumiharjo Km.05 Makassar (31/8).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Silaturrahim dan Pemantapan Materi Pencerahan Qalbu Hybrid UMI berlangsung di Aula Prof.Masrurah Mokhtar Kantor UPT PKD Kampus 2 UMI Jl.Urip Sumiharjo Km.05 Makassar (31/8), diikuti para Asisten Direktur, seluruh dosen Pesantren Darul Mukhlishin Padanglampe dan sejumlah Wakil Dekan IV UMI.

Hadir Wakil Rektor IV UMI Dr.H.M.Ishaq Samad, M.A sekaligus menyampaikan materi tentang "Kebijakan tentang Pencerahan Qalbu (PQ) Unggulan UMI". Hadir pula Dekan Fakultas Agama Islam UMI Dr.H.Andi Bunyamin, M.Pd membahas tentang "Peran Dosen PQ dalam Bimbingan Konseling Mahasiswa dan Mengatasi Konflik". Demikian pula Direktur Pesantren Unggulan Mahasiswa Darul Mukhlishin Padanglampe Syeikh Dr.KH.M.Zain Irwanto, MA membahas "Psikologi Zikir dan Aplikasinya", serta Drs.KH.Mursalim Ilyas, MA membahas "Pendalaman Materi Aqidah, Syariah, dan Akhlaq".

M.Ishaq Samad dalam pemaparannya menyampaikan kebijakan UMI tentang program Pencerahan Qalbu sebagai program Unggulan UMI tertuang di dalam Statuta UMI, sehingga sangat penting untuk diimplementasikan dalam pelaksanaannya. Selain itu dosen PQ Padanglampe diajak untuk mengidentifikasi apa saja yang menjadi keunggulan program PQ UMI, diantaranya mendidik mahasiswa memiliki akhlaqul kariymah dengan qalbu yang cerah, sehingga jiwa mahasiswa menjadi lebih damai, lebih tenang, dan mudah melakukan kebajikan. Selanjutnya sasaran program Unggulan PQ adalah Qalbu, sebagaimana Hadis Nabi Muhammad Saw, "dalam tubuh manusia ada segumpal darah, jika baik, maka baiklah seluruh tubuh manusia, jika jelek, maka jeleklah seluruh tubuh manusia, itulah qalbu", jelasnya.

Selanjutnya telah tersedia Buku Referensi tentang Sejarah Perjalanan Panjang Padanglampe dalam Membentuk Karakter Bangsa. Juga tersedia buku modul Pencerahan Qalbu, serta Buku Blue Print Pendidikan Karakter dan Kampus Islami UMI. Dokumen referensi tersebut sangat bermanfaat bagi siapa saja, khususnya bagi sivitas akademika UMI dalam menjelaskan eksistensi program PQ Unggulan UMI, terutama dalam mendukung penyediaan dokumen untuk akreditasi di sejumlah prodi dalam lingkup UMI, jelasnya.

Dikatakan program unggulan PQ UMI menanamkan bibit unggul dalam medidik mahasiswa memiliki 16 karakter individu yakni; taat, syukur, sabar, ikhlas, cerdas, jujur, amanah, komunikatif, peduli sosial, toleransi, penyayang, pemaaf, peduli lingkungan, cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan mencintai keragaman. Oleh karena itu, bibit unggul tersebut, harus selalu disiram, dirawat dengan kegiatan-kegiatan positif, jelasnya.

Sementara itu Direktur Pesantren Unggulan Mahasiswa Darul Mukhlishin Padanglampe Syeikh M.Zain Irwanto menyatakan pentingnya seluruh dosen PQ Padanglampe dibekali dengan pemahaman Bimbingan dan Konseling, agar mudah mengarahkan mahasiswa dalam mengatasi masalah kejiwaan yang dihadapi, serta dapat mencapai tujuan pencerahan qalbu yang diharapkan, jelasnya. (*)

  • Bagikan