Polres Parepare Gelar Operasi Zebra, AKBP Arman Muis Beber Pelanggaran yang Disasar

  • Bagikan
Kapolres Parepare, AKBP Arman Muis saat hadir pada Podcast Rakyat Sulsel, Senin (4/9).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Polres Parepare menyatakan kesiapannya dalam Operasi Zebra Pallawa, yang digelar serentak diseluruh Indonesia.

Operasi ini akan berlangsung selama dua pekan, mulai tanggal 4 - 17 September 2023.

Kapolres Parepare, AKBP Arman Muis mengatakan, mulai Senin, (4/9), personil Polres Parepare telah melaksanakan gelar pasukan untuk Operasi Zebra Pallawa ini.

Ia menyebut berbagai persiapan dilakukan untuk operasi Zebra Pallawa ini seperti pengecekan kendaraan, personil, dan peranti-peranti, sebagai bagian dari persiapan untuk operasi ini.

AKBP Arman Muis menjelaskan operasi ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas, serta mengurangi angka fatalitas kecelakaan di jalan raya.

"Bagaimana kita menjaga harkatimbmas melancarkan arus. Kedua, menjaga angka fatalitas kecelakaan di jalan raya," ungkap AKBP Arman Muis saat hadir pada Podcast Rakyat Sulsel, Senin (4/9).

Pada pelaksaan operasi Zebra Pallawa, kata AKBP Arman, akan berfokus kepada pelanggaran yang dapat membahayakan orang lain, seperti melanggar rambu lalu lintas, melawan arus, dan kendaraan yang melebihi kapasitas muatan.

Hal ini penting, karena mengingat wilayah Parepare yang memiliki lintasan perbukitan dan pegunungan.

Pada operasi Zebra Pallawa ini juga, AKBP Arman Muis mengaku Polres Parepare juga sekaligus akan menggelar operasi cek poin di wilayah perbatasan Kota Parepare bersama personil gabungan dari TNI, Dinas Perhubungan Kota Parepare dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Parepare.

"Disitu kita juga akan melakukan pengecekan dan melakukan pemeriksaan kesehatan pada supir-supir. Karena ini salah satu cara untuk mengurangi angka fatalitas. Harus tertib," jelas AKBP Arman. 

AKBP Arman Muis mengaku untuk angka kecelakaan di Kota Parepare sendiri masih rendah.

Meski begitu, tingkat kesadaran masyarakat juga masih perlu ditingkatkan. Sebab, masih sering ditemui pelanggaran yang dilakukan masyarakat di Kota Parepare seperti tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari dua orang, dan melawan arus.

Maka dari itu, Polres Parepare berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat melalui imbauan-imbauan demi kebaikan masyarakat dalam berlalu lintas.

"Kami memberikan imbauan kepada pejabat Kasatlantas sebanyak-banyaknya, di setiap tikungan paling tidak ada kalimat yang bisa mengingatkan pengguna jalan untuk patuh berlalu lintas," tutup AKBP Arman. (Shasa/B)

  • Bagikan