Bulog Makassar Sebut Stok Beras Aman Hingga Desember 2023  

  • Bagikan
Penyaluran bantuan pangan beras secara simbolis kepada Kelompok Penerima Bantuan, di Kota Makassar. (Dok)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kekeringan akibat fenomena El Nino diprediksi mengancam ketahanan pangan di Indonesia. 

Bulog Cabang Kota Makassar memastikan ketersediaan beras di Kota Makassar aman hingga Desember 2023 mendatang. 

"Aman sampai akhir tahun 2023," ungkap, Pimpinan Perum Bulog Cabang Kota Makassar, Karmila Hasmin Maruntah, saat ditemui usai kegiatan penyaluran cadangan pangan pemerintah (CPP) di Kantor Bulog Cabang Kota Makassar, Rabu (13/9).

Ia menyebut jumlah tersebut dapat memenuhi kebutuhan Kota Makassar hingga akhir tahun 2023. Sebab, kata Karmila, penyaluran bantuan beras untuk Kota Makassar mendapat kuota sebanyak 400 ton per bulan. 

Sehingga, Karmila menyebut total beras yang dibutuhkan Kota Makassar selama tiga bulan kedepan hanya 1.200 ton. 

Maka dari itu, Karmila mengatakan pihaknya berkomitmen dan menjalin kerjasama yang erat antara kota dan provinsi agarr tercipta ketahanan pangan yang kuat di Makassar.

"Akan terus kami lakukan suplai barang khususnya beras, awal tahun karena kita melihat dampak El Nino ini pasti akan berkelanjutan sampai dengan awal tahun 2024," tutup Karmila. 

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panic buying. 

Seiring dengan harga komoditi pangan beras yang mulai merangkak naik akibat kondisi yang dialami saat ini yakni kekeringan panjang dampak dari El Nino. 

"Jangan khawatir, stok cukup, jangan panik karena kalau panik bisa menimbulkan harga yang tinggi dan menutup inflasi yang tinggi," ucap Danny Pomanto. (Shasa/B)

  • Bagikan