Thita SYL Kembali ke Senayan Gantikan Mendiang Rapsel Ali, Bertugas di Komisi VIII

  • Bagikan
Indira Chunda Thita Syahrul (tengah) saat resmi dilantik sebagai Anggota DPR RI Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan periode 2019-2024, di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Indira Chunda Thita Syahrul resmi dilantik sebagai Anggota DPR RI Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan periode 2019-2024. Thita SYL merupakan Pengganti Antar Waktu (PAW), mendiang Muh. Rapsel Ali, yang meninggal dunia pada April lalu.

Pelantikan tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Lodewijk F. Paulus dalam Rapat Paripurna ke-5 Masa Sidang I Tahun Sidang 2023-2024, di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Saat pelantikan, Thita didampingi kedua orangtuanya, Syahrul Yasin Limpo dan Ayunshri Syahrul, serta putri semata wayangnya Andi Tenri Bilang Radisyah Melati.

Thita SYL akan bertugas di Komisi VIII, dan bermitra dengan Kementrian Agama, Kementrian Sosial, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Amil Zakat Nasional, Badan Wakaf Indonesia, Komisi Perlindungan Anak Indonesia, dan Badan Pengelola Keuangan Haji.

Tidak hanya Thita, DPR pada pagi tadi mengambil sumpah dua PAW lainnya yaitu Ujang Iskandar dari Dapil Kalimantan Tengah, serta Fraksi PKS dengan nama Wisnu Wijaya Adi Putra dari Dapil Jawa Tengah I.

Pada kesempatan tersebut Lodewijk berharap para Anggota DPR RI hasil PAW dapat bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Juga bertanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

"Sumpah ini adalah terhadap Tuhan yang maha esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya harap saudara-saudari mengikuti lafal sumpah yang akan saya pandu,” ucap Lodewijk saat memimpin sumpah.

Sekadar diketahui, sebelumnya Thita SYL pernah 2 kali menjabat sebagai Anggota DPR RI saat masih bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). 

Namun pada tahun 2019, Thita bergabung dan menjadi Caleg di Partai NasDem. Dia pun dipercaya memimpin organisasi sayap, Garnita Malahayati NasDem sebagai Ketua Umum.

Thita SYL merupakan peraih suara kedua terbanyak caleg Partai Nasdem di Dapil Sulsel 1 pada Pemilu 2019. Sehingga, ini merupakan ketiga kalinya Thita duduk di Senayan. (SN)

  • Bagikan