Daeng Manye Dorong Generasi Muda Takalar Berperan Aktif di Era Globalisasi

  • Bagikan
H Mohammad Firdaus Daeng Manye

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Pemuda merupakan aset bagi bangsa Indonesia, agar bisa menjadi negara maju di masa mendatang. Generasi muda didorong untuk aktif dan membekali diri mereka dengan ilmu dan keterampilan.

Hal ini dikemukakan bakal calon bupati Takalar Mohammad Firdaus atau yang akrap disapa Daeng Manye saat memberikan seminar dengan puluhan pemuda Takalar di posko pemenangannya, di Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar, Kamis (14/9/2023).

“Generasi muda bisa menjadi penerus kemajuan bangsa. Tugas kita, sebisanya memberi wadah kepada kaum muda untuk bisa mengasah potensi-potensi yang mereka miliki. Sehingga nantinya mampu bersaing ilmu ataupun skil dengan daerah lain,” paparnya.

Menurutnya, era globalisasi menuntut para pemuda untuk terus mengembangkan diri, sebab hal tersebut memungkinkan para pemuda untuk mampu berkompetisi. Jika pemuda tidak memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai, maka akan kalah bersaing di era serba kompetitif ini.

Menurut Daeng Manye, Indonesia diprediksi mengalami bonus demografi pada tahun 2030. Pada masa itu, jumlah penduduk usia produktif yang berusia 15 - 64 tahun lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif.

Penduduk usia produktif jumlahnya diprediksi mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa. Bonus demografi ini harus disikapi secara riil oleh para pemuda agar membekali diri mereka dengan skill.

“Bonus demografi ini bisa menjadi keuntungan dan kerugian sekaligus. Menjadi keuntungan karena akan tersedia banyak sumber daya manusia dalam pembangunan ekonomi, namun jika tidak disikapi dengan baik, banyaknya penduduk usia produktif berpotensi menciptakan tingkat pengangguran semakin tinggi,” katanya.

Selain itu sambung Daeng Manye, generasi muda saat ini merupakan bagian masyarakat yang paling akrab dengan teknologi digital. Mereka biasanya melek digital.

“Semua bisa dipelajari dari internet, mulai dari digital marketing dan lain-lain. Ini yang harus dilakukan generasi muda,” ungkapnya.

Daeng Manye mencontohkan, di Kabupaten Takalar, para pemuda juga perlu disiapkan agar ikut berperan dalam pembangunan di desanya. Ke depan, kucuran dana desa yang semula banyak dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur, semestinya diperuntukkan bagi pemberdayaan masyarakat, khususnya para pemuda.

Para pemuda, lanjutnya, dapat mengambil sejumlah peran dalam pembangunan pedesaan, diantaranya dengan menyampaikan aspirasi, keluhan, serta keinginan masyarakat kepada para pemangku kebijakan. Selain itu bisa juga menjadi leader atau pemimpin di desa.

“Pemuda perlu berkomunikasi dengan sektor pemerintah misalnya camat, lurah kemudian berorganisasi masuk ke karang taruna, dan kegiatan peningkatan SDM (sumber daya manusia). Pemberdayaan SDM itu misalnya menggunakan teknologi guna mempromosikan desa wisata,” pungkasnya. (Adhy)

  • Bagikan