Tak Terima Hasil Pemilu, Puluhan Massa Serbu Sekretariat KPU Selayar

  • Bagikan
Personel Polres Kepulauan Selayar mengamankan pengunjuk rasa yang anarkis, dalam Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Pengamanan Pemilu 2024, yang digelar Polres Kepulauan Selayar di Depan Kantor KPU, Senin (16/10).

Alhasil, massa yang bertambah banyak dari berbagai Kecamatan mulai mengepung Kantor KPU. Melihat Kondisi tersebut, Pasukan Dalmas awal ditarik, kemudian dilanjutkan oleh Pasukan Dalmas lanjutan yang dibekali dengan tameng. Namun, massa semakin anarkis dengan mulai melakukan pelemparan ke Kantor KPU dan melempari Polisi, bahkan mulai melakukan aksi bakar ban.

Melihat adanya aksi pembakaran yang dinilai sangat berbahaya karena tidak jauh dari Kantor KPU terdapat POM Bensin, Pasukan Dalmas kemudian menurunkan pasukan taktis dibantu Pemadam Kebakaran, yang kemudian berhasil memadamkan api dan memukul mundur Massa.

Meskipun demikian hal tersebut tidak berlangsung lama, massa kembali datang dan melakukan pelemparan. Melihat hal tersebut atas perintah Danki (Perwira Penanggung Jawab Lapangan) memerintahkan melakukan penembakan Gas Air mata setelah sebelumnya peringatannya tidak diindahkan massa.

Tembakan gas airmata ke kantong -kantong massa berhasil melerai kerumunan dan memecah konsentrasi massa, kondisi ini diperkuat dengan Pasukan Dalmas menurunkan Patmor (Pasukan pencerai berai) yang melakukan pengejaran terhadap massa yang mulai bertindak anarkis. Akhirnya situasi kemudian mulai dapat dikendalikan dan Massa sudah tidak lagi kelihatan, beberapa diantaranya diamankan karena diduga melakukan penghasutan dan provokatif.

Dalam situasi mulai kondusif, Tim dari Sat Binmas kemudian turun ke Lokasi dan menghimbau kepada Warga sekitar untuk kembali melaksanakan aktivitas seperti biasa. Sementara di Kantor KPU tetap dilakukan Pengamanan oleh Personel yang ditugaskan.

Simulasi Sispamkota yang digelar Polres Kepulauan Selayar sebagaimana tersebut di atas mendapatkan apresiasi dan dinilai telah mampu menunjukkan kemampuan penanggulangan massa.

” Melihat Simulasi Sispamkota sebagaimana yang diperagakan tadi, Insha Allah kami yakin Polres Kepulauan Selayar, bersama Kodim 1415 dan dukungan Pemerintah serta seluruh komponen, akan dapat mengamankan jalannya seluruh Tahapan Pemilu 2024 mendatang” kata Ketua KPU Andi Dewantara, usai menyaksikan langsung jalannya Simulasi. (*)

  • Bagikan