Tak Terima Hasil Pemilu, Puluhan Massa Serbu Sekretariat KPU Selayar

  • Bagikan
Personel Polres Kepulauan Selayar mengamankan pengunjuk rasa yang anarkis, dalam Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Pengamanan Pemilu 2024, yang digelar Polres Kepulauan Selayar di Depan Kantor KPU, Senin (16/10).

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL - Ratusan Massa yang menamakan diri Aliansi Peduli Demokrasi, melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kantor KPU Kepulauan Selayar. Mereka menilai KPU tidak becus dalam menjalanakan tugasnya sebagai penyelenggara Pemilu.

Awalnya aksi berjalan damai, namun setelah perwakilan Massa yang diterima KPU mengaku mendapatkan jawaban yang tidak memuaskan, jumlah massa kemudian bertambah banyak dan melakukan aksi anarkis dengan melakukan pelemparan kepada aparat Kepolisian yang melakukan pengamanan.

Hal ini merupakan bagian dari Skenario Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Pengamanan Pemilu 2024, yang digelar Polres Kepulauan Selayar di Depan Kantor KPU, hari ini Senin (16/10).

Kegiatan Sispamkota ini dibuka langsung oleh Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH.,S.IK, MM.,M.IK dan dihadiri Bupati yang diwakili oleh Assisten 1 Pemerintahan M. Yunan Krg Tompobulu, Dandim 1415 Selayar Letkol Inf. Nanang Agung Wibowo, Wakil Ketua DPRD H. Andi Idris, Ketua KPU Andi Dewantara dan Para Komisioner, Ketua Bawaslu Nurul Badriyah, Para Kasubbag dan staf KPU, Lurah se Kota Benteng dan Undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres menyampaikan bahwa Sispamkota tersebut merupakan gambaran kemungkinan yang dapat terjadi pada Pemilu 2024 mendatang, serta juga merupakan gambaran kesiapan dan kemampuan Polres Kepulauan Selayar, dalam melakukan Pengamanan.

”Sispamkota ini juga melibatkan Unsur TNI dan Pemkab, yang berarti bahwa Polres Kepulauan Selayar akan menjalin kerjasama dengan Kodim 1415 Selayar dan Pemerintah di seluruh lapisan, serta dengan sarana dn prasarana yang ada untuk mengamankan Pemilu 2024 mendatang. Saya harap Simulasi ini tidak hanya sekedar latihan, tetapi juga menjadi motivasi untuk kita dapat bersama menciptakan Pemilu 2024 yang aman, lancar dan damai,” kata Kapolres.

  • Bagikan