Petugas Lapas Makassar Gagalkan Penyelundupan di Duga Sabu-sabu Kedalam Lapas

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar (Lapas Makassar) gagalkan upaya penyelundupan kristal bening diduga sabu-sabu. Hal ini diungkapkan Kalapas Makassar, Teguh Pamuji dalam keterangannya di Lapas Makassar.

"Benar bahwa pada hari selasa kemarin, petugas Lapas berhasil menggagalkan penyelundupan yang diduga sabu dan ditempel pada Kendaraan pengangkut sampah Lapas Makassar," Ungkap Teguh di Lapas Makassar, Rabu (25/10)

Menurut Teguh, Percobaan penyeludupan Narkoba berhasil digagalkan oleh Petugas Lapas Makassar yang mendapat laporan dari salah seorang warga binaan berinisial BD bahwa ada benda mencurigakan yang diselipkan di motor pengangkut sampah Lapas Makassar.

"Seketika dilakukan pemeriksaan pada benda mencurigakan tersebut yang berada pada kendaraan pengangkut sampah yang diparkir diluar Lapas bersama petugas lainnya," Ungkap Teguh.

Terkait laporan tersebut, Muhammad Ali, Kepala Pengamanan Lapas Makassar mengambil tindakan pemeriksaan bersama Kepala Bidang Keamanan dan Tata Tertib Lapas Kelas I Makassar kepada petugas jaga dan warga binaan BD.

"Kami cek keseluruhan motor viar (kendaraan pengangkut sampah) itu dan kita dapat satu bungkusan kantong plastik hitam kecil yang dilakban dan didalamnya. Didalamnya ditemukan empat unit plastik klip yang berisi serbuk kristal berwarna putih yang diduga Narkoba jenis sabu," Ungkap Ali mengurai keterangan petugas.

Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Lapas Makassar, Heriyanyo Syafrie juga hadir melakukan pemeriksaan terhadap petugas dan WBP tersebut.

Sebagai tindak lanjut, Kepala Lapas Kelas I Makassar memerintahkan jajarannya untuk melakukan koordinasi dengan Polsek Rappocini.

"Setelah kami koordinasi, tim dari Kepolisian Rappocini tiba di Lapas Makassar untuk mengambil keterangan laporan awal dan melakukan serah terima temuan barang tersebut dan kemudian dituangkan dalam bentuk berita acara serah terima barang untuk diselidiki lebih lanjut” tutup Kabid Kamtib usai melakukan koordinasi.

Kepala Kantor Wilayah, Liberti Sitinjak mengapresiasi penggagalan benda terlarang tersebut masuk ke dalam Lapas. "Apresiasi atas penggagalan penyelundupan sabu ke dalam Lapas Makassar," Ujarnya

Kepada seluruh Kepala UPT di Sulsel teritapa kepada Kalapas dan Karutan di Sulsel, Liberti memerintahkan untuk selalu waspada dan melakukan pencegahan terhadap masuknya benda-benda terlarang dan dapat mengganggu Kamtib di Lapas dan Rutan.

"Lakukan deteksi dini dan bersinergi dengan aparat penegak hukum," Tutup Liberti. (*)

  • Bagikan