Dinkes Siapkan Rp28 Miliar APBD 2024 untuk Program Prioritas Pj Gubernur

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal mengucurkan Rp28 miliar APBD 2024 untuk program prioritas Pemprov Sulsel saat ini yang sifatnya menyentuh langsung masyarakat.

Hal itu diutarakan oleh Kasubag Perencanaan Dinkes Sulsel, Andy Adriyanto saat di konfirmasi Rakyat Sulsel, Rabu (22/11/2023).

Kata dia, pada APBD 2024, pihaknya menerima jatah anggaran sekira Rp300 Milliar yang akan dibagi bersama dengan UPT yang berada dibawah naungan Dinkes Sulsel di 24 Kabupaten dan Kota.

Ia menyampaikan, untuk Dinkes Sulsel secara khusus akan mengelola APBD 2024 sebesar Rp197 Miliar dan itu akan digunakan untuk menjalankan program prioritas dan penggajian pegawai yang menjadi tanggung jawab pihaknya.

“Kami khusus di Dinas Kesehatan itu Rp197 miliar itu terdapat Rp90 miliar untuk gaji Pegawai,” sebutnya.

Ia melanjutkan, dengan sisa dari anggaran Rp197 miliar itu, sebanyak Rp28 miliar akan digunakan untuk menjalankan program prioritas Pj Gubernur, Bahtiar Baharuddin Sulsel dalam penanganan stunting dan beberapa program lainnya yang sifatnya menyentuh langsung masyarakat.

“Program yang bakal dijalankan untuk masyarakat sesuai arahan Pj Gubernur itu, untuk penanganan stunting, wasting, dengan beberapa program prioritas, seperti kemiskinan ekstrim, itu anggarannya sekitar Rp28 miliar,” jelasnya.

Ia menyampaikan, untuk lokasi fokus penanganan stunting itu bakal digerakkan di 24 kabupaten dan kota yang ada di Sulsel. “Kalo kita induk pelakasanaan penanganan stunting dari 24 kabupaten kota, kami tetap koordinasi, kita sebagai leading sektor tetap koordinasi dengan teman-teman rumah sakit ataupun OPD yang terkait,” paparya.

Ia membeberkan, Rp 78 miliar juga bakal dikucurkan pada Penerima Bantuan Iuran (PBI), dan jaminan kesehatan nasional di 24 kabupaten di Sulsel.

“Dulu PBI dianggarkan di BKAD sekarang dianggarkan di bidang teknis Pemprov Sulsel yaitu Dinkes Sulsel,” urainya.

Ia juga mengatakan, sekaitan dengan anggaran penanganan stunting juga terdapat pada APBD Perubahan 2023, pelaksanaannya itu juga sedang dijalankan dan akan ditarget selesai selambatnya Desember tahun ini.

“Untuk stunting di di APBD Perubahan 2023 itu sebesar Rp 4,5 Milliar dan itu kita genjot untuk tuntas sampai Desember karena itu program prioritas PJ Gubernur Sulsel,” pungkasnya. (Abu/B)

  • Bagikan