Bangun Karakter Peserta Didik, GenBi Komisariat UNM Gelar ‘GenBI Creative’

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Deputi Lingkungan Hidup dan Pendidikan hadir untuk mengimplementasikan salah satu pilar GenBI yaitu Agent of Change (Agen Perubahan dalam Masyarakat) dengan mengadakan "GenBI Creative", guna membentuk pendidikan karakter peserta didik yang berkualitas.

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 40 peserta atau siswa dari sekolah yang berpartisipasi ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Makassar, Jl. Traktor IV No.21, Mangasa, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221, Kamis, 23 November 2023.

Ketua Panitia, Nur Awalia mengatakan, dengan adanya GenBI Creative diharapkan dapat mengedukasi peserta didik dimulai dari hal kecil sebagai bentuk implementasi karakter yang baik, seperti tentang pentingnya kesadaran diri dalam menjaga lingkungan, mulai dari memilah sampah, membuang sampah pada tempatnya. Karena langkah kecil yang kita ambil dapat menjauhkan diri dari kerusakan ekosistem.

Ada tujuan penting terselenggaranya GenBI Creative ini, lanjutnya, untuk membangun karakter peserta didik, agar dapat membangun peran strategis, baik dalam aspek intelektualitas maupun moralitas dalam kehidupan sehari-hari.

"Melalui GenBI Creative diharapkan dapat membangun karakter dan peran strategis peserta didik, sehingga kepribadian dari peserta akan menjadi lebih baik," ujarnya.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa item kegiatan mulai dari pembukaan, pemberian materi pengembangan karakter peserta didik, sosialisasi CBP Rupiah, praktek kerajinan dari bahan bekas dan bersih-bersih sekitar lingkungan sekolah.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan hingga sampai akhir, bahkan beberapa siswa yang berada diluar banyak yang penasaran dan mampir melihat kegiatan apa yang sedang terlaksana karena begitu serunya para peserta dalam berinteraksi satu sama lain.

Ketua Umum GenBI Komisariat UNM, Andi Ammar Akrar dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya atas peran pihak sekolah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran Pengurus SMPN 26 Makassar yang telah memfasilitasi kami untuk berkegiatan di sekolah ini dan juga karena telah berkenan membuka ruang bagi mahasiswa dalam melaksanakan program kerjanya," ungkapnya.

Sementara H. Abdul Wahab selaku Wakil Kepala Sekolah SMPN 26 Makassar dalam hal ini mewakili Kepala Sekolah saat membuka kegiatan secara resmi, berharap semoga ada nilai tambah yang didapatkan peserta didik dari kegiatan ini.

Menurutnya, pembentukan karakter melalui GenBI Creative ini sangat penting untuk diikuti peserta didik sampai akhir, agar dapat mengetahui makna dari perjuangan para panitia dari GenBI UNM.

"Genbi Creative ini pastinya kegiatan yang diusung untuk memberi manfaat kepada siswa dan lingkungan. Olehnya itu atas nama pimpinan kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi menyangkut lingkungan hidup yang tersinkronisasi untuk program Adiwiyata SMPN 26 Makassar ini," bebernya.

H. Abdul Wahab pun menekankan, jika ingin sukses ada 3 nilai yang dapat harus diterapkan. "Yang pertama pengetahuan, gunakan kegiatan ini untuk memperoleh pengetahuan melalui semua indra. Kedua keterampilan, terampil dalam hal positif membangun diri. Dan yang ketiga Attitude, kegiatan ini berbanding lurus untuk memperoleh nilai tentang perilaku yang baik," pungkasnya. (*)

Citizen Reporter: Sitti Mutmadania dan Hardianti Lestari. H

  • Bagikan