TP PKK Sulsel Gelar Festival Olahan Pisang

  • Bagikan
Ketua TP PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar mengunjungi salah satu Stand Peserta Festival Olahan Pisang di Mal Pipo-Makassar, Selasa (5/12/2023). (Foto: Abu Hamzah)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - TP PKK Sulsel menggelar pameran produk olahan pisang di Mal Pipo Makassar, Selasa (5/12/2023).

Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan untuk mendorong pisang sebagai komoditas penunjang ketahanan pangan masyarakat yang juga bermuara pada peningkatan daya beli masyarakat hasil dari produk olahan.

Kata dia, hal itu merupakan bentuk konkrit Pemprov Sulsel bersama dengan TP PKK untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat yang bahan utamanya sangat dekat dengan kehidupan masyarakat.

“Ini adalah salah satu upaya dan langkah strategis pemerintah dan PKK dalam terlibat penguatan ekonomi masyarakat melalui kebijakan program, mewujudkan kesejahteraan keluarga,” tuturnya, Selasa (5/12/2023).

Ia melanjutkan, pameran tersebut juga merupakan wujud dukungan TP PKK terhadap program prioritas Pj Gubernur Sulsel dalam budidaya pisang. Juga untuk mendekatkan kembali nilai-nilai lokal masyarakat Sulsel terhadap pengolahan pisang. “Semoga kegiatan ini mampu memberi manfaat sebesar-besarnya dan seluas-luasnya," paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Olahan Pisang, Muh Saleh menyampaikan, festival tersebut tentu berlandas pada program priorotas PJ Gubernur Sulsel saat ini.

Apalagi kata dia, masyarakat Sulsel cukup dekat dengan olahan pisang. "Niat baik dalam budidaya pisang selain ekspor, kita juga Bugis Makassar tidak asing lidahnya dengan panganan pisang, sehingga selalu berinteraksi dengan olahan pisang. Kami dari PMD ingin supaya pisang bisa menjadi komoditas ekspor dan bisa dimanfaatkan untuk pangan sehari-hari, menambah energi dan menurunkan stunting di Sulsel," tutur Kepala Dinas PMD Sulsel ini.

Ia melanjutkan, giat itu juga memantik dan mendorong untuk memanfaatkan platform pasar lokal dan luar bagi UMKM olahan pisang. Tentu hal itu memberdayakan pelaku UMKM.

Dampaknya lanjut Muh Saleh, pelaku UMKM di Sulsel dapat terus meningkat tak hanya jumlah UMKM pun dengan kesejahteraan para pelakunya.

"Peningkatan daya saing UMKM dan mengembangkan kreativitas dalam pengolahan, bertambahnya peluang bisnis dari sektor pisang," sebutnya.

Untuk Informasi, dalam pameran tersebut, juga ada talk show kreativitas pengolahan pisang, lomba stand pameran UMKM pisang, lomba masak olahan pisang, dan presentasi bisnis olahan pisang. (Abu/B)

  • Bagikan