Siapa Unggul di Debat Perdana Capres 2024? Begini Penilaian Akademisi Unhas

  • Bagikan
Ishaq Rahman

"Tentu saja, pemilih mempunyai kedaulatan penuh untuk memutuskan. Setidaknya, debat semalam dapat menjadi alternatif untuk menambah alasan publik dalam menentukan sikap dan pilihan," tukas mantan Kabag Humas Unhas itu.

Pada sesi debat dengam tema: "Pemerintahan, hukum, hak asasi manusia atau HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, dan kerukunan warga". Semua pasangan calon (paslon) menunjukkan komitmennya terhadap HAM.

Ada pembahasan soal Papua. Muncul kata-kata kunci bahwa harus diselesaikan melalui dialog, jadi bukan jadi bukan pendekatan keamanan. Itu kata kuncinya.

Terkait korupsi, ada komitmen dari semua paslon untuk memperkuat lembaga anti-korupsi dan tindakan pemberantasan korupsi. Bahkan, ada metode-metode yang lebih progresif, seperti perampasan aset dan pemberian hukuman maksimal.

Gambarkan debat tersebut sebagai cukup seru, dimana para peserta tidak ragu untuk saling serang dan sindir terkait topik-topik sensitif.

Debat perdana capres 2024 selesai digelar. Debat diakhiri dengan saling bersalaman dan berangkulan para capres. Kemudian, para capres saling bersalaman.

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mulanya menyalami dan berpelukan dengan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Kemudian Ganjar menyalami dan berpeluang dengan capres nomor urut 1 Anies Baswedan. (Yadi/B)

  • Bagikan