Jelang Debat Capres Kedua, Capres Sudah Perang Urat Syaraf

  • Bagikan
Dokumen Rakyat Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Debat Capres kedua yang akan digelar KPU pada Minggu, 7 Januari 2024, di Istora Senayan, diprediksi akan lebih sengit dari debat sebelumnya. Pasalnya, sepekan sebelum digelar, masing-masing kubu sudah terlibat perang urat syaraf. Mulai dari persoalan alutsista bekas, sampai urusan stasiun televisi yang menyiarkan. Debat Capres kedua sudah panas sebelum digelar. 

Debat Capres edisi kedua ini akan mempertemukan kembali Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Ketiganya akan beradu visi misi, gagasan dan program dalam tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik, globalisasi, dan politik luar negeri. 

KPU menyebut tidak banyak perubahan mekanisme dalam debat capres yang akan digelar pada Minggu, 7 Januari 2024, pukul 7 malam itu. Format maupun layout panggung masih sama dengan debat Cawapres. Panitia akan menyiapkan tiga podium sebagai tempat para Capres menyampaikan pikirannya.

Beberapa perubahan teknis antara lain, ketiga capres akan disediakan satu mic. Para kandidat yang berlaga pun dilarang meninggalkan podium saat memaparkan materi. 

Beberapa perubahan lain yaitu lokasinya. Jika debat Capres pertama digelar di halaman Gedung KPU, lalu debat Cawapres digeser ke JCC, maka debat ketiga akan digelar di Istora Senayan, Jakarta. Acara  akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi nasional dengan total durasi 150 menit. Rinciannya, 120 menit untuk debat, dan sisanya jeda iklan. KPU menyebut, persiapan debat sampai Rabu (3/1/2024) sore sudah mencapai 90 persen. 

  • Bagikan