In Memoriam of Abel Rante

  • Bagikan
Almarhum Abel Rante

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Abel Rante merupakan salah satu Pejabat Pemerintah Provinsi Sulsel yang terbilang senior. Pengalaman dalam menjalankan dan menjadi bagian Pemerintahan tak bisa diragukan lagi.

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menyampaikan tak hanya mumpuni dan ulet dalam mengelola organisasi, ia juga dikenal sebagai sosok yang santun dan ramah.

"Saya dekat dengan beliau, walaupun saya baru di Sulsel, sampai hari Jumat saya masih berdiskusi di ruangan saya. Beliau orang baik. Kemudian orangnya santun, senyum-senyum terus, " ujar Bahtiar Baharuddin, Senin (22/1/2024).

Kata Bahtiar, Mendiang Abel Rante merupakan pejabat hebat, bahkan sudah termasuk sebagai pejabat teladan di lingkup Pemprov Sulsel.

"Sekali lagi kita kehilangan seorang sahabat. Seorang teman dan pejabat karir, Pemda provinsi yang hebat," tuturnya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Sulsel Idham Kadir, mengaku mendiang Abel Rante merupakan sosok yang luwes dalam berdiskusi dengan setiap rekan ASN di Pemprov Sulsel.

Terutama dalam hal koordinasi terkait permasalahan hukum, bahkan kadang tak mengenal waktu untuk melakukan koordinasi Abel Rante tetap memberikan respon.

“Abel Rante adalah sosok yang baik, luwes ketika kita berkoordinasi terutama masalah hukum yang kami selalu tanyakan kepada beliau,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, Abel Rante merupakan sosok solutif ketika beberapa rekan berdiskusi.

“Pokoknya selalu ada solusi jika kita koordinasi terutama masalah hukum,” ujarnya.

Sementara, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sulsel, Amson Padolo menyampaikan, Abel Rante merupakan sosok Abdi Negara yang berdedikasi tinggi.

Kata dia, sebagai seorang birokrat tulen, empat jam sebelum meninggalnya masih sempat mengirimkan Pj Sekda Sulsel Surat MoU pada pukul 02.00 dini hari tadi.

“Jam 2 malam konsep naskah MoU sempat beliau share ke Pak Sekda. Masih sempat mengoreksi suatu SK perjanjian kerjasama. Almarhum memang penuh dengan dedikasi hingga akhir hayat,” bebernya. (Abu/B)

  • Bagikan