Pelantikan PPPK 2023 Masih Tunggu Jadwal dari Pusat

  • Bagikan
Kantor Gubernur Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi Sulsel masih menunggu jadwal dari Pemerintah Pusat untuk melakukan pelantikan PPPK formasi 2023.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian BKD Sulsel, Yessy Yoanna Ariestiani saat dikonfirmasi, Senin (29/1/2024).

Kata dia, untuk Formasi PPPK 2023 Pemprov Sulsel sedang dalam pengusulan Nomor Induk ke Kemenpan-RB.

Ia membeberkan, dari jumlah total formasi yang dibuka pada perekrutan 2023 persentase kelulusannya hanya sekitar 62,6 persen.

“Formasi yang dibuka itu kan 3.745 dari Kemenpan-R dan yang lulus itu sebanyak 2.346 orang dari ketiga jenis formasi, yaitu tenaga pendidikan, kesehatan dan tenaga teknis,” bebernya.

Ia melanjutkan, untuk jadwal pelantikan PPPK formasi tahun 2023 itu diharapkan dapat segera didapatkan oleh pihak BKD Sulsel, apalagi pengusulannya akan dilakukan oleh BKD se-Indonesia.

Diketahui, tahun 2023, 3.745 kuota PPPK yang diusulkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Rinciannya 2.870 kuota untuk guru, tenaga kesehatan 755 kuota, dan tenaga teknis 120 kuota.

Sebelumnya diberitakan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Selatan mulai membahas pengusulan penerimaan formasi PPPK tahun 2024 ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Sukarniaty Kondolele menyampaikan, pihaknya bakal mengusulkan kuota untuk PPPK 2024 mencakup jumlah tenaga non ASN Pemprov Sulsel saat ini.

Kata dia, pengusulan kuota itu akan dilakukan ke pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), meski Pemerintah Pusat telah mengumumkan total kuota penerimaan tahun ini, secara khusus belum ada pembagian besaran kuota masing-masing wilayah.

“Belum ada jatah-jatahan, makanya kita usulkan dulu, nanti mereka tetapkan berapa untuk Sulsel,” paparnya. (Abu/B)

  • Bagikan