Hari Ini, Ganjar Kampanye Akbar dan Blusukan di Makassar

  • Bagikan
Ganjar Pranowo.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Capres 03 Ganjar Pranowo akan melakukan kampanye akbar dihadapan ribuan pendukung dan simpatisan di kota Makassar, pada Selasa (29/1/2024).

"Sudah fix, besok capres 03 pak Ganjar hadir di Makassar, kampanye akbar di Makassar," ujar Ketua TPD Ganjar-Mafud Sulsel, Udin Saputra Malik, saat ditemui di kantor TPD Sulsel, Senin (28/1/2024) petang.

Namun, politisi PDIP itu mengaku, belum mengetahui pasti siapa saja dari TPN dan jurkam nasional dari parpol koalisi yang turut mendampingi Ganjar.

Adapun lokasi Kampanye Akbar kata dia, di Upperhills Convention Center, Jl. Metro Tj. Bunga No.995, Mattoangin, Kecamatan Mariso. Mengingat cuaca yang ekstreem sehingga tempat disesuaikan.

"Kita sudah cek lokasi di Upperhills. Dari segi konsep acara juga sudah siap, intinya dari acara ini adalah pak Ganjar. Semoga pak Ganjar bisa menyampaikan orasi politik yang bisa membakar semangat kami menuju hari pencoblosan 14 Februari," jelasnya.

Menanggapi pemindahan lokasi kampanye yang awalnya diagendakan di GOR Sudiang, kemudian dialihkan ke
Upperhills, menurutnya karena dilokasi GOR diisi oleh hajatan kegiatan lain.

Lanjut dia, soal lokasi pihaknya mengaku fleksibel, mengingat cuaca dan pihaknya tidak memaksakan kehendak, apalagi pihak berwenang juga mengerti kondisinya juga bahwa ini lagi curah hujannya tinggi dan membahayakan makanya diijinkan di ruangan tertutup.

"Perpindahan lokasi? Kita maunya di GOR Sudiang, tapi pada hari sebelumnya diisi oleh kegiatan lain yang vendor produksinya tidak memungkinkan bersama loading out dan loading in, kita jadi cres timelinenya. Jadi kita pindah ke Upperhills," tambah dia.

"Kita perkirakan 5000 an sampai 7000 an orang. Meskipun kapasitas ruangan bisa sampai 4000 an lebih, sesuai dengan kapasitas," tuturnya.

Ia memperkirakan estimasi massa dari tim dan relawan serta partai pengusung yang akan hadir mencapai 5000-an sampai 7000-an.

Dia menambahkan, agenda Ganjar di Makassar ada dua, yang pertama Kampanye Akbar. Waktu kedatangan sekitar jam 9 atau jam 10 tibanya langsung ke Upperhills selesai jam 11 siang.

"Setelah itu, ke Buntusu (BTP) untuk melakukan blusukan di kampung Buntusu. Disana Ganjar akan bercengkrama dengan warga dan melihat lappo-lappo pembuatan jipang tapi masih tentatif," katanya.

Terpisah, pihak KPU Makassar menanggapi soal lokasi kampanye diluar ketentuan KPU.

Anggota KPU Makassar, Abdi Goncing mengatakan, untuk kampanye rapat umum, hanya itu memang yang diizinkan oleh pemkot dan KPU menenerbitkan SK berdasarkan surat dari walikota.

Disebutkan, dalam aturan, ada 2 jenis kampanye: kampanye terbatas yang biasa juga disebut dengan kampanye biasa, dan kampanye rapat umum yang biasa juga disebut oleh masyarakat umum sebagai kampanye akbar.

"Untuk kampanye terbatas, tidak ada batasan waktunya namun terbatas pada jumlah peserta kampanyenya. Kalo kampanye rapat umum, batas waktunya sampai pukul 18.00 WITA dan peserta kampanyenya tidak terbatas," katanya.

Sedangkan, kampanye rapat umum itu ditentukan lokasi dan batas waktunya. Sedangkan kampanye rapat terbatas tidak ditentukan lokasi dan batas waktunya.

"Kalo terkait Upperhills, ini kan bukan aset pemerintah kota, tapi aset pihak swasta, yang pemakaiannya diserahkan ke pengelola lokasi tersebut, bukan ke pemerintah kota," tukasnya.

Berikut Agenda Ganjar di Kota Makassar, Selasa, 30 Januari 2024

09.00 Tiba di Bandara Sulhas
09.30-11.00 Kampanye Akbar di Upperhills, Tanjung Bunga
11.30-12.00 Blusukan ke lokasi pembuatan Lappo-Lappo/bipang, Kel.Buntusu, Kec.Tamalanrea.
12.00 Kembali ke Bandara

(Yadi/B)

  • Bagikan