Rp129 Miliar Bakal dikucurkan untuk Preservasi Long Segment Jalan Nasional di Sulsel

  • Bagikan
Jalan Perintis Kemerdekaan (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Penyelenggaraan Jalan Nasional (PJN) III Sulsel, Malik menyampaikan tahun 2024 ini pihaknya bakal melaksanakan preservasi jalan Long Segment.

Untuk informasi, Long Segment merupakan penanganan preservasi jalan dalam batasan satu panjang segmen yang menerus (bisa lebih dari satu ruas) yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan kondisi jalan yang seragam.

Kata dia, preservasi jalan long segment itu bakal dilaksanakan pada jalan yang menjadi tanggung jawab satuan kerjanya.

“Tahun ini kita akan melakukan preservasi jalan long segment pada jalan yang menjadi tanggung jawab satuan kerja kami,” ujarnya.

Ia memaparkan, untuk jalan nasional yang menjadi tanggung jawab satuan kerja total panjangnya sekitar 400 kilometer.

“Jadi dari total 400 Km itu, ruas jalannya adalah dari Makassar - Parepare, lalu Makassar-Jeneponto, dan Makassar-Bone,” tuturnya.

Ia mengutarakan, preservasi long segment dua ruas jalan sudah berkontrak pada 29 januari 2024 baru-baru ini, masing-masing Ruas jalan Pangkep-Barru-Parepare dengan anggaran Rp14,8 miliar dan ruas batas maros kabupaten Bone kurang lebih Rp14,4 miliar.

Lanjut dia, dua ruas jalan nasional yang bakal dilakukan preservasi long segment juga bakal segera berkontrak pada bulan Februari ini.

Jalan tersebut, sambung Malik adalah ruas Jalur Makassar-Maros dengan perkiraan anggaran Rp50 miliar. Lalu, untuk ruas Maros-Pangkep sekira Rp 50 miliar.

"Jika diasumsikan dari rencana preservasi long segment jalan nasional di Sulsel itu kurang lebih Rp129 miliar dari empat ruas jalan tersebut," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Jalan Nasional dalam Kota Makassar rencananya akan dilakukan preservasi. Preservasi jalan meliputi perawatan jalan yang rusak, pengaspalan hingga pengerjaan saluran air agar tidak menjadi hambatan dan kendala pada jalur lalu lintas.

“Seperti Jalan perintis kemerdekaan, ada pengaspalan ada pembersihan saluran juga, apalagi kalau musim hujan begini kan biasa ada genangan-genangan itu dibenahi, salurannya yang dangkal kita gali kembali supaya air lancar,” ujar Malik.

Ia membeberkan, untuk preservasi jalan nasional yang berada dalam kota Makassar itu bakal dikucurkan anggaran sekitar Rp14 miliar. (Abu/B)

  • Bagikan