Tahun Ini, Pemprov Bakal Kucurkan Rp12 Miliar untuk Irigasi

  • Bagikan
Kantor Gubernur Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Sumber Daya Air dan Cipta Kerja (SDACKTR) Sulsel bakal mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk dua perbaikan dan peningkatan irigasi di Sulsel.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas SDACKTR, Andi Darmawan Bintang kepada Rakyat Sulsel di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (1/2/2024).

Kata dia, ada empat irigasi dari empat kabupaten yang ditangani oleh pihaknya, penanganan itu sudah masuk kedalam kategori penting.

“Kegiatan yang bakal dikerjakan melalui dana alokasi khusus kegiatan itu tentu dianggap penting untuk meningkatkan kinerja irigasi terutama di kabupaten Wajo, Bulukumba, Sinjai dan Bone,” jelasnya.

Lanjut dia, untuk irigasi yang menjadi kewenangan Pemprov Sulsel itu bakal ditangani irigasi Primer, sekunder hingga tersier.

“Jadi ada dua kegiatan. Ada peningkatan (Wajo), jadi kalau peningkatan itu misalnya saluran tanah ditingkatkan menjadi saluran batu, kalau rehabilitasi itu di daerah di Bulukumba, Sinjai dan Coppobulu di Bone itu masuk dalam kategori memperbaiki salurannya karena rusak,” terangnya.

Sedangkan pagu anggaran yang bakal digunakan dari masing-masing irigasi tersebut, yaitu untuk irigasi yang terletak di wilayah Bongki-bongki Bulukumba pagu anggarannya senilai Rp3,09 miliar.

Lalu, untuk irigasi yang berada di wilayah Apparang-Sinjai pagu anggarannya senilai Rp2,2 miliar. Kemudian irigasi di wilayah Coppo Bulu Bone pagu anggarannya Rp800 juta dan irigasi di wilayah Cilellang-Wajo Rp6,4 miliar.

Jika diasumsikan, sebanyak Rp 12 miliar lebih DAK bakal dikucurkan untuk pembangunan irigasi di Sulsel tahun 2024 ini.

“Dana yang bakal digunakan adalah dana alokasi khusus, perkiraan anggaran tadi adalah pagu yang tertuang dalam DPA tahun ini. Bisa saja nantinya ada penambahan atau pengurangan, pelaksanaannya baru kita akan lakukan tahun ini,” kata dia.

Sementara itu, Plh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Andi Bakti Haruni menyampaikan untuk tahun ini pembangunan yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel ialah melanjutkan apa yang sebelumnya telah diprogramkan.

“Untuk 2023 lalu, alhamdulillah teman-teman lingkup PU telah melaksanakan kegiatannya dengan baik dengan tingkat realisasi rata-rata diatas 95 persen,” tuturnya. (Abu/B)

  • Bagikan