Posko Siaga BPBD Kawal Libur Panjang, Masyarakat Diimbau Tetap Waspada

  • Bagikan
ILUSTRASI cuaca buruk

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pada momen libur panjang kali ini, 8-11 Februari 2024, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel tetap menyiagakan posko kesiapsiagaan bencana.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sulsel, Amson Padolo kepada Rakyat Sulsel, Kamis (8/2/2024).

Kata dia, posko kesiapsiagaan bencana itu berjalan sebagai bentuk mitigasi terhadap dampak buruk dimusim libur kali ini, apalagi cuaca buruk sedang melanda Sulsel belakangan ini.

Ia mengutarakan, tugas posko tersebut bekerja sama dengan pihak terkait untuk memantau perkembangan cuaca dan potensi dampaknya untuk dapat segera melakukan tindakan jika memang perlu untuk dilakukan.

“Di kantor ada posko kesiapsiagaan bencana, kami selalu memantau apabila ada daerah yang terdampak bencana dan memerlukan penanganan segera,” paparnya.

Ia melanjutkan, posko kesiapsiagaan bencana itu juga tentunya akan mengawal terkait dengan rescue (penyelamatan) untuk beberapa kegiatan yang akan segera terselenggara di Sulsel melalui koordinasi lintas sektor.

Ia membeberkan, pengawalan juga akan dilakukan untuk kegiatan Dzikir Bersama Pemilu Damai yang akan dilaksanakan oleh Pemprov Sulsel bersama dengan Polda Sulsel.

“Kami juga rutin memantau kegiatan kedinasan lainnya dalam hal rescue," cetusnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang sedang berlibur bersama keluarga untuk terus memantau informasi terkait dengan perkembangan cuaca pada sumber terpercaya jika memang akan memulai liburan bersama keluarga sebagai bentuk antisipasi dampak buruk cuaca.

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk memantau perkembangan informasi terkini terkait cuaca pada sumber yang terpercaya,” kata Amson Padolo.

Tak lupa juga ia terus mengingatkan masyarakat untuk tetap mawas diri untuk menjaga kesehatan dan keadaan kondisi lingkungan. (Abu/B)

  • Bagikan