Proyek Strategis MGC Ditarget Beroperasi Maret Mendatang

  • Bagikan
PROYEK MGC. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat memantau progres pembangunan MGC, beberapa waktu lalu.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Salah satu proyek prioritas Pemerintah Kota Makassar yakni Makassar Goverment Center (MGC) segera beroperasi di bulan Maret mendatang.

Di mana, saat ini progres pembangunan Gedung MGC sekitar 75 persen. MGC berlokasi di Kawasan Taman Macan, Jalan Sultan Hasanuddin, Kota Makassar.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, pembangunan MGC ditargetkan akan rampung pada bulan Februari ini. Namun, kata dia, belum rampung secara penuh.

Ia mengatakan nantinya di bulan Maret hanya akan beroperasi tiga lantai dari total delapan lantai di gedung MGC.

"Insya Allah kontruksi selesai bulan ini, finishing Maret. Tapi kan cuma tiga lantai," ujar Danny Pomanto, sapaan akrabnya, Rabu (14/2/2024).

Danny menyebut Gedung MGC akan rampung secara penuh atau 100 persen pada bulan Agustus mendatang.

"Kan cuma tiga lantai dulu, yang lain itu masih berlanjut. Kira-kira Agustus selesai," terang Danny.

Nantinya, Gedung MGC memiliki tiga lantai yang terdiri dari lantai dasar atau Ground Floor, lantai satu menjadi ruang servis area dan lantai dua untuk Mal Pelayanan Publik.

Diketahui, MGC merupakan mall pelayanan publik yang akan melayani masyarakat dalam pengurusan perizinan hingga pengurusan data penduduk. Dengan anggaran sebesar Rp200 miliar.

Danny menyebut nantinya di MGC ini akan menjadi pusat kantor-kantor pelayanan publik, yakni, kantor Dinas Kesehatan, Dinas Tata Ruang, Dinas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Pariwisata, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil), Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Lebih lanjut, Danny menjelaskan pengerjaan proyek MGC menggunakan skema rancang dan bangun (design and build). Di mana, kata Danny, skema tersebut memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Hal itu dilakukan karena lahan yang sempit.

"Orang biasa membangun dari lantai satu dulu tapi ini tidak, jadi namanya bisa up and down, dari bawah ke atass atau pun sebaliknya," ucap Danny.

Danny meminta agar pengerjaan ini benar-benar dibangun dengan baik. Apalagi, skema pembangunan ini menggunakan teknologi dan management terkini.

Maka dari itu, Danny Pomanto meminta agar pengerjaan MGC dikebut. "Saya minta kalau bisa dipercepat lagi," sebut Danny.

Danny menambahkan gedung MGC memiliki konsep ramah lingkungan. Di mana, jika ini rampung, maka akan menjadi gedung pemerintahan pertama yang berkonsep green rooftop.

"Ini akan menjadi bangunan pemerintah pertama untuk green building di Makassar," ucap Danny. (Shasa/B)

  • Bagikan