Empat Kabupaten Ini Tahap Awal Penyaluran Bibit Cavendish di Sulsel

  • Bagikan
ILUSTRASI pisang cavendish

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemprov Sulsel mengalokasikan Rp74 Miliar lebih APBD 2024 untuk melaksanakan program penanaman “Pisang Cavendish”.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPH-Bun) Uvan Nurwahidah saat dikonfirmasi Rakyat Sulsel, Jumat (16/2/2024).

“Alokasi anggaran Pisang Cavendish di APBD 2024 ini Rp 74.723.649.000,” bebernya.

Kata dia, anggaran tersebut merupakan total seluruh pelaksanaan program itu, sesuai dengan penyampaian Pj Gubernur Sulsel Bachtiar Baharuddin bakal melakukan ekspansi satu juta pohon di Sulsel.

Ia mengutarakan, untuk penyaluran bibit pisang cavendish yang pengadaannya bersumber dari APBD 2024 pada maret mendatang jumlahnya diperkirakan 130 ribu bibit pohon.

Kata dia, dari jumlah 130 ribu bibit cavendish itu akan segera disalurkan di empat kabupaten pada bulan maret mendatang, yakni Kabupaten Gowa, Bone, Sidrap, dan Pinrang.

Ia juga menyampaikan, penyaluran bibit cavendish di Sulsel yang bersumber dari SCR itu sudah mencapai 126.800 bibit sejak dimulainya program tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPH-Bun) Sulsel, Imran Jauzi menyampaikan pemberian bibit pisang Cavendish menggunakan APBD 2024 ini sebelumnya menunggu sertifikasi bibit.

“Pengadaan cavendish menggunakan APBD kita selesaikan sertifikasi bibitnya dan nanti pengadaannya sudah menggunakan APBD,” cetusnya.

Terkait dengan jumlah diawal penyaluran bantuan bibit menggunakan APBD itu akan menyesuaikan dengan kemampuan penyedia bibit pisang cavendish.

“Untuk tahap awal, tergantung ketersediaan bibit, karena kita beli, tergantung penyedia berapa yang mereka sanggup. Kalau penyedia sanggup 200 ribu ya kita 200 ribu,” bebernya. (Abu/B)

  • Bagikan