Real Count Sementara KPU di Dapil IX, NasDem Potensi Amankan 4 Kursi di DPRD Sulsel

  • Bagikan
Data Real Count KPU di Dapil IX Sulsel. (sumber : https://pemilu2024.kpu.go.id/pilegdprd_prov/hitung-suara/dapil/73/730009)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai NasDem menunjukkan kekuatannya di Daerah Pemilihan (Dapil) IX Sulawesi Selatan yang meliputi Kabupaten Sidrap, Pinrang, dan Enrekang.

Berdasarkan data Pemilu 2024 pada pukul 19.20, perolehan suara NasDem di Dapil tersebut mencapai 112.290. Sedangkan kandidat dengan suara terbanyak di internal NasDem adalah Syahruddin Alrief dengan 40.781 suara, diikuti oleh Aziza Irma Wahyudiyati dengan 26.450 suara.

"Saat ini, di Dapil IX, NasDem berpotensi mendapatkan 4 kursi. Pembagian per kursi adalah 12.865 suara untuk kursi ke-5, dan 10.006 suara untuk kursi ke-9," ungkap Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syahruddin Alrief, pada Sabtu (17/2/2024).

Dengan demikian, Dapil IX Sulsel memperebutkan kuota sembilan kursi parlemen. Berdasarkan data perhitungan sementara KPU pada Sabtu, 17 Februari 2024, Partai NasDem hampir dipastikan memperoleh tiga kursi, bahkan menuju empat kursi.

Berdasarkan data suara masuk, 51,48 persen suara NasDem Sulsel, di bawah kepemimpinan Ketua DPW Rusdi Masse dan Sekretaris DPW Syaharuddin Alrif, saat ini menduduki kursi pertama, kedua, keempat, dan kelima.

Kursi selanjutnya ditempati oleh Partai Demokrat, kemudian Partai Golkar, Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Terlihat bahwa sejumlah petahana kembali bersaing di Dapil 9 Sulsel ini, di antaranya Rusdin Tabi (Gerindra), Syaharuddin Alrif (NasDem), Azhar Arsyad (PKB), Zulkifli Zain (Golkar), dan Andi Azizah Irma Wahyudiati yang kini maju melalui NasDem. (Yadi/B)

  • Bagikan