Terkait Seleksi JPTP, Danny Tegaskan Tidak Ada Anak Emas

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat membuka Tahapan Penulisan Makalah, pada 36 Pelamar Seleksi Terbuka JPTP Lingkup Pemkot Makassar, di Puslatbang KMP LAN, Rabu (21/2/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sebanyak 36 Pelamar yang lolos pada Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) lingkup Pemerintah Kota Makassar, mengikuti tahapan Penulisan Makalah di Puslatbang KMP LAN, Rabu (21/2/2024).

Para pelamar yang lolos, tak hanya dari lingkup Pemerintah Kota Makassar tetapi juga dari ada dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan ( Sulsel) dan Pemprov Sulawesi Barat (Sulbar).

Tujuh pelamar diantaranya merupakan pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) di lingkup Pemerintah Kota Makassar.

Meski begitu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menegaskan tidak ada jaminan para Plt dapat lolos pada seleksi terbuka di tujuh jabatan yang lowong.

Ia pun menyebutkan tidak ada perlakuan spesial yang diberikan kepada para Plt yang mengikuti tahapan seleksi terbuk JPTP lingkup Pemkot Makassar.

"Tidak ada jaminan (lolos), tadi saya sudah tegaskan tidak ada anak emas," terang Danny Pomanto, saat ditemui usai membuka Tahapan Penulisan Makalah.

Adapun kriteria yang diharapkan oleh Danny, yakni pejabat yang akan membantunya menjalankan roda pemerintahan, ia mencari pejabat yang update yaitu cepat dan adaptif.

"Saya mau cari orang yang update, tidak ada anak emas dan meritokrasi transparan," tegas Danny Pomanto.

Tidak hanya fokus pada nilai-nilai yang diberikan oleh asesor atau Tim Assesment, tapi menilai para peserta mulai dari kepribadian, leadership, hingga skill yang dimiliki untuk menunjang jabatan yang akan diemban.

"Skill menjadi bagian dari profesionalisme kita sebagai birokrat. Jadi bagaimana kemampuan kita mengelola organisasi itu dengan multiskil yang ada di dalamnya," ujarnya.

Lanjut dia, termasuk juga fungsi-fungsi koordinasi dan sentuhan di masyarakat harus terus diperkuat.

"Jadi kemampuan touching heart (sentuh hati) itu menjadi penting untuk dimiliki setiap pejabat. Manajemen sekarang itu bukan hanya sekadar bicara, tapi menyentuh orang dan itu tidak gampang," tutup Danny Pomanto.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Makassar, Akhmad Namsum mengatakan 36 orang peserta yang mengikuti tahapan penulisan makalah adalah mereka yang dinyatakan lolos seleksi berkas.

Akhmad Namsum mengimbau seluruh peserta seleksi agar bersaing secara sehat sebab semua mempunyai peluang yang sama untuk terpilih sebagai JPTP Pemkot Makassar.

"Selama memenuhi kompetensi, profesional di bidang tugas OPD yang akan dilamar. Terpenting tunjukkan kualitas, kemampuan personal terhadap jabatan yang dilamar," tutup Akhmad Namsum.

Diketahui, setelah tahapan penulisan makalah, para peserta seleksi terbuka JPTP lingkup Pemkot Makassar akan mengikuti penilaian kompetensi yang akan berlangsung pada tanggal 22 hingga 24 Februari di Puslatbang KMP LAN. (Shasa Anastasya/B)

  • Bagikan