Dulu Getol Kritik Jokowi, Fedi Nuril Beri Tantangan Tak Biasa ke Menteri AHY

  • Bagikan

Misalnya kritik AHY tentang program lumbung pangan atau Food Estate kebanggaan Jokowi yang dianggapnya sebagai program terburu-buru.

Lalu AHY juga pernah mengkritik keras tentang UU Cipta Kerja yang justru merugikan rakyat.

"Dengan bergabungnya Bapak ke pemerintahan Pak Jokowi, apakah Bapak telah “menarik” kritikan2 tersebut atau Bapak akan berusaha memperbaiki apa yang Bapak kritik dari dalam pemerintahan?" tanya Fedi Nuril sedikit menyentil.

Fedi terus menantang AHY tentang strategi apa yang akan dilakukannya untuk memperbaiki kebijakan yang pernah dikritiknya dari dalam pemerintahan.

"Kalau Bapak berusaha memperbaiki dari dalam, kira2 rencana/strategi apa yang akan Bapak lakukan?" tantangnya.

Partai Demokrat yang awalnya berperan sebagai oposisi pemerintahan Jokowi kini resmi berubah haluan menjadi bagian dari pendukung pemerintah, sehingga hanya menyisakan PKS di luar pemerintahan.

Hal ini bersamaan dengan masuknya sang ketua umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke kabinet yang baru saja dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Petanahan Nasional (ATR/BPN) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu (21/2/2024).

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai merapatnya AHY ke dalam kabinet pemerintahan merupakan angin segar bagi Partai Demokrat.

Ujang menyatakan, Partai Demokrat sudah lama berpuasa, dan kini sudah saatnya berbuka puasa dari yang tadinya oposisi sekarang bergeser menjadi partai pendukung pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin.

Selain itu, menurut Dosen Universitas Al Azhar itu, Partai Demokrat sangat baik memanfaatkan momentum.

"Demokrat masuk ketika hubungan Jokowi dengan Megawati sedang tidak baik begitu juga SBY dengan Mega," tegas Ujang. (fajar/raksul)

  • Bagikan