Deretan Pimpinan dan Sekretaris Parpol di Sulsel yang Diprediksi “Gugur” di Pileg 2024

  • Bagikan
karikatur/rambo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sejumlah pimpinan partai politik (Parpol) di Sulawesi Selatan diprediksi gagal mendapatkan kursi pada Pemilihan Legislatif 2024 di daerah pemilihan masing-masing.

Tak hanya Ketua, Sekretaris Parpol pun ikut tumbang dalam Pemilu Legislatif 2024. Padahal, banyak diantara mereka yang memiliki modal sosial dan finansial serta basis suara yang besar.

Sayangnya, status sebagai ketua dan Sekretaris partai tidak menjamin lolos pada pileg 2024. Hal ini dirasakan oleh sejumlah pimpinan partai di Daerah Pemilihan Sulsel untuk DPR RI, DPRD Provinsi, serta tingkat Kabupaten dan Kota.

Jika merujuk data yang ada di laman https://pemilu2024.kpu.go.id/, sekira 11 Ketua partai dan 11 Sekretaris parpol di tingkat Provinsi yang terancam maupun dipastikan gagal meraih kursi di parlemen pada Pileg 2024 kali ini.

Pengamat Politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Rizal Pauzi, menyebutkan bahwa kegagalan pimpinan partai tersebut tentu tidak lepas dari berbagai faktor. Menurutnya, kunci kemenangan seorang kandidat pada Pileg adalah memiliki popularitas, struktur yang jelas, dukungan finansial, dan tim yang kuat yang dapat memobilisasi sumber daya dukungan birokrasi atau sejenisnya.

"Keterbatasan dari sisi instrumen lain menjadi salah satu kendala utama hampir semua pimpinan partai yang gagal. Diantaranya adalah kurangnya dukungan finansial, terlena dengan struktur partai, dan tidak berjalannya struktur-struktur yang diandalkan," ujarnya kepada Rakyat Sulsel saat dimintai tanggapan pada Rabu (28/2/2024).

  • Bagikan