Menko Polhukam Hadi Situasi Nasional Setelah Pemilu: Kondusif dan Aman

  • Bagikan
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dalam jumpa pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2024).

RAKYAT SULSEL.CO - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto memimpin rapat koordinasi (rakor) terkait perkembangan situasi nasional usai pemungutan suara dan antisipasi penetapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sejumlah pejabat hadir dalam rakor tersebut.

Hadir dalam rapat itu yakni Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto, Jaksa Agung Burhanuddin, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Kedatangan mereka ke dalam ruang rapat disambut para pejabat tinggi TNI, Polri, dan beberapa tokoh yang sudah menunggu di dalam ruangan tersebut. Salah satu yang telah menunggu yakni Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Budi Gunawan.

"Saat ini tahapan Pemilu 2024 masih berjalan dan kita terus memantau tahapan pemilu, yakni rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil perhitungan suara pemilu oleh KPU," kata Hadi.

Hadi juga mengimbau, agar masyarakat tetap menjaga kondusifitas keamanan bangsa. "Dan terwujud harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin kokoh dan kuat," ujarnya.

Maka itu, kata dia, Kemenko Polhukam terus melakukan koordinasi dengan sejumlah kementerian dan lembaga untuk mendapatkan informasi dan perkembangan terkini terkait situasi nasional.

"Kita terus merumuskan langkah-langkah guna antisipasi potensi permasalahan dan kerawanan yang mungkin terjadi," katanya.

Hadi juga mengapresiasi masyarakat Indoesia yang sudah menjadi kondusifitas setelah pencoblosan Pemilu 2024. Karena, kata dia, hingga saat ini pemilu berjalan lancar dan aman.

"Saya ingin ucapkan banyak terima kasih atas peran serta seluruh masyarakat Indonesia dalam menjaga kondusivitas situasi saat ini. Semoga situasi aman terkendali, damai, adem, ini bisa terus terjaga," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menargetkan hasil rekapitulasi nasional akan rampung pada Senin 18 Maret 2024. Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi dan anggota DPRD kabupaten/kota, dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

(fin/raksul)

  • Bagikan